energi terbarukan : 0MD0 banget … 071113


Diversifikasi Energi Atasi Defisit Neraca Migas
Oleh Ilyas Istianur Praditya
Posted: 06/11/2013 16:33

Liputan6.com, Jakarta : Pemerintah menilai perlu ada langkah fundamental untuk mengurangi impor minyak dan gas (migas). Hal itu mengingat neraca transaksi perdagangan Indonesia masih mengalami defisit US$ 657,2 juta akibat neraca migas yang defisit hingga September 2013.

“Sampai saat ini yang tepat adalah diversifikasi energi, kalau kami lihat sisi perdagangan,” tutur Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamukti, di Gedung Kementerian Perdagangan, Rabu (6/11/2013).

Untuk mengurangi impor sektor migas, Bayu menambahkan, tahun depan akan ada setidaknya 6,5 juta ton konversi energi dengan menggunakan biofuel yang saat ini sudah ada pembahasan dengan investor.

“Yang menggembirakan ada pembahasan kontrak pembelian dari sawit sekitar 6,5 juta ton yang akan dibeli dari produsen biofuel maupun CPO kita tahun 2014,” ujar Bayu.

Hingga kurun waktu 10 bulan terakhir pada 2013 ini, penggunaan biofuel sebagai sumber energi masih belum memenuhi target pemerintah. Saat ini penggunaan biofuel hanya 2/3 dari target pemerintah.

“Ini merupakan indikasi sebagai bentuk diversifikasi energi. Kita berharap lebih banyak lagi diversifikasi yang lain, seperti air, matahari, angin dan yang lain,” kata Bayu.

Sebagai informasi, pada September tercatat neraca transaksi perdagangan Indonesia masih mengalami defisit sebesar US$657, 2 juta yang terdiri dari defisit neraca migas sebesar US$1,2 miliar dan non migas mengalami surplus US$496,8 juta.

Defisit neraca transaksi perdagangan ini disebabkan masih tingginya importasi migas yang selama Januari-September sebesar US$33,6 miliar atau naik 8,5% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (Yas/Ahm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: