energi terbarukan: PESAWAT TERBANG n M0B1L tenaga surya … 0701201empat_130616


new-chin-year-dragon-02

Kabar24.com, PBB – Sekjen PBB Ban Ki-moon dijadwalkan berkunjung ke New York City dan akan bertemu dengan pilot dan pendiri dari pesawat bertenaga surya yang digunakan dalam perjalanan mengelilingi dunia

Ban dijadwalkan mengunjungi Solar Impulse 2, pesawat surya pertama yang mampu terbang siang dan malam tanpa menggunakan setetes bahan bakar, pada Senin (13/6/2016) sore di Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) selama ekspedisi persinggahan di New York City.
.
Solar Impulse 2 merupakan pesawat eksperimental dengan desain bodi ramping untuk satu kursi pengemudi, dengan ukuran 747 memiliki berat setara dengan mobil dan kekuatan sepeda motor kecil. Pesawat ini tidak menggunakan bahan bakar fosil dan tidak memiliki emisi.

Pesawat telah mendarat di bandara JFK di New York Sabtu pagi. New York menjadi pemberhentian ke 14 dalam perjalanan mengelilingi dunia sejauh 35.000 kilometer (22.000 mil) yang dimulai dari Abu Dhabi pada Maret 2015.

New York City menjadi destinasi akhir dari Solar Impulse 2 selama perjalanan mengelilingi dunia . Adapun perjalanan di seluruh daratan Amerika Serikat dimulai pada tanggal 24 April, ketika Solar Impulse mendarat di San Francisco dari Hawaii.

Sekjen PBB akan bertemu dengan pilot, Bertrand Piccard dan Andre Borschberg, yang sejauh ini telah bergantian mengemudikan pesawat itu di Asia, Pasifik, dan Amerika Utara.

Pesawat lepas landas dari Lehigh Valley di negara bagian AS, Pennsylvania sekitar pukul 11 malam,  Jumat, dan tiba di bandara John F Kennedy di New York hampir lima jam kemudian setelah penerbangan dari 165 mil (sekitar 265 km).

Solar Impulse 2 awalnya dijadwalkan tiba di New York pada Selasa, namun penerbangan ditunda karena cuaca buruk.

big-dancing-banana-smiley-emoticon

FORD SEGERA LUNCURKAN MOBIL TENAGA SURYA
Oleh Nur – Rubrik Otomotif
06 Januari 2014 18:45:00 WIB

WE.CO.ID, Jakarta – Pabrikan mobil Amerika Serikat (AS) Ford Motors mengumumkan akan segera meluncurkan mobil bertenaga tenaga surya pertama di kelasnya.

VOA mengabarkan perusahaan tersebut menyatakan mobil C-MAX Solar Energi Concept itu dapat melaju “tanpa bergantung pada listrik atau bahan bakar.

Ford mengatakan mobil tersebut dapat memanfaatkan tenaga surya dengan menggunakan konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar, mengarahkan sinar matahari ke panel-panel surya pada atap mobil.

Sinar matahari satu hari dapat memberikan kinerja sama dengan mobil hibrida listrik, menurut perusahaan tersebut, dengan menambahkan bahwa mengemudi mobil tersebut dapat mengurangi emisi gas buang yang biasanya dapat mencapai empat metrik ton satu mobil -jumlah yang sama dikeluarkan oleh satu rumah di AS dalam empat bulan.

Ford mengatakan konsentrator sinar matahari di atap membuat mobil ini praktis untuk penggunaan sehari-hari.

SunPower, yang telah menjadi mitra teknologi surya untuk Ford sejak 2011, menyediakan sel-sel surya untuk atap mobil. Karena waktu lama yang diperlukan untuk menyerap cukup energi untuk memberi tenaga kendaraan secara penuh, Ford meminta bantuan pada Georgia Institute of Technology untuk meningkatkan sinar matahari untuk membuat hibrida tenaga surya dapat digunakan sehari-hari.

Mobil ini akan dipamerkan di acara 2014 International CES di Las Vegas pada 7-10 Januari.

Usai acara, Ford dan Georgia Tech akan mulai menguji kendaraan dalam sejumlah skenario dunia nyata untuk melihat apakan konsep ini layak untuk produksi massal.

nurcholish@wartaekonomi.com

lol

Pesawat Tenaga Surya Coba Penerbangan Jarak Jauh

Oleh: Ahmad Taufiqqurakhman
Teknologi – Jumat, 3 Mei 2013 | 20:11 WIB

INILAH.COM, San Francisco – Pesawat tenaga surya Solar Impulse kini mulai mencoba penerbangan jarak jauh, dengan tujuan pembuktian bahwa pesawat bisa terbang tanpa bahan bakar fosil.

Diwartakan StraitsTimes,Solar Impulse direncanakan akan lepas landas dari California untuk mengelilingi seluruh wilayah AS.

Pesawat eksperimental tenaga surya ini memiliki panjang sayap seperti Boeing 747, namun beratnya sama seperti mobil kecil.

Tenaga surya di Solar Impulse menjalankan listrik di mesinnya, yang juga berfungsi sebagai ‘charger’ penyimpan energi ketika pesawat beroperasi pada malam hari.

Proyek Solar Impulse pertama kali diluncurkan pada 2003 oleh seorang petualang bernama Bertrand Piccard. [ikh]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: