rups ADRO … 220312_290416


ADRO.JK

Chart for ADRO.JK

ABOUT

PT Adaro Energy Tbk is an Indonesia-based company engaged in integrated coal mining through its subsidiaries. Its business activities include mining, barging, shiploading, dredging, port services, marketing and power generation. It produces thermal coal from its mining sites located in Kalimantan Selatan, Indonesia. Its coal is… (more)
Beta: 0.81
Market Cap(Mil.): Rp. 23,189,820.00
Shares Outstanding(Mil.): 31,985.96
Dividend: 16.63
Yield (%): 4.30

FINANCIALS

ADRO.JK Industry Sector
P/E (TTM): 12.54 11.94 172.71
EPS (TTM): 57.79
ROI: 2.97 7.02 6.10
ROE: 5.41 10.01 8.34

Hasil Rapat Umum Para Pemegang Saham Tahunan

PT ADARO ENERGY Tbk (ADRO)

RUPS Tahunan

Rapat Umum Pemegang Saham Telah memenuhi korum karena dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 25.576.312.358 saham atau 79,96 % dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan, sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan.

Hasil RUPS Tahunan:

Mata Acara Pertama:
1. Menyetujui dan menerima dengan baik Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2015 dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis dan Rekan (firma anggota jaringan global PwC di Indonesia) sebagaimana dimuat dalam laporannya tertanggal 29 Februari 2016 dengan pendapat Wajar Tanpa Pengecualian.

2. Dengan disetujuinya Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2015, serta disahkannya Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015, maka dengan demikian berarti juga memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (Acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas segala tindakan pengurusan dan pengawasan selama tahun buku 2015.

Mata Acara Kedua:
Menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk Perseroan untuk tahun buku 2015 sebesar AS$152.440.533,17 (seratus lima puluh dua juta empat ratus empat puluh ribu lima ratus tiga puluh tiga koma satu tujuh dolar Amerika Serikat), untuk digunakan sebagai berikut:
1. Sebesar AS$1.524.405,33 (satu juta lima ratus dua puluh empat ribu empat ratus lima koma tiga tiga dolar Amerika Serikat) digunakan sebagai penyisihan cadangan, sesuai dengan ketentuan Pasal 70 Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007.
2. Sebesar AS$75.486.870,32 (tujuh puluh lima juta empat ratus delapan puluh enam ribu delapan ratus tujuh puluh koma tiga dua dolar Amerika Serikat) atau 49,52% dari laba tahun berjalan Perseroan tersebut digunakan untuk pembayaran dividen tunai, yang akan diperhitungkan dengan dividen tunai interim sebesar AS$35.184.558,20 (tiga puluh lima juta seratus delapan puluh empat ribu lima ratus lima puluh delapan koma dua nol dolar Amerika Serikat) yang telah dibayarkan pada tanggal 15 Januari 2016, sedangkan sisanya sebesar AS$40.302.312,12 (empat puluh juta tiga ratus dua ribu tiga ratus dua belas koma satu dua dolar Amerika Serikat) akan dibayarkan sebagai dividen tunai final. Dalam pelaksanaannya, Direksi Perseroan diberi kuasa dengan hak substitusi untuk:
-  Menetapkan daftar Pemegang Saham yang berhak atas sisa dividen tunai final;
– Menetapkan cara pembayaran sisa dividen tunai final;
– Melakukan segala tindakan yang diperlukan sehubungan dengan hal tersebut termasuk menetapkan jadwal pembayaran sisa dividen tunai final dimaksud akan diumumkan di dua surat kabar harian nasional dengan memperhatikan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
3.  Sebesar AS$75.429.257,52 (tujuh puluh lima juta empat ratus dua puluh sembilan ribu dua ratus lima puluh tujuh koma lima dua dolar Amerika Serikat) akan dimasukkan sebagai laba ditahan.

Mata Acara Ketiga:
1. Menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat seluruh anggota Direksi Perseroan sejak ditutupnya Rapat dan memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (Acquit et de Charge) atas tindakan kepengurusan yang telah dijalankan selama masa jabatan yang bersangkutan. Perseroan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Direksi Perseroan.

2. Menyetujui untuk mengangkat kembali seluruh anggota Direksi Perseroan, untuk masa jabatan terhitung sejak ditutupnya Rapat sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun 2021.
Dengan demikian susunan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:
Presiden Direktur: GARIBALDI THOHIR
Wakil Presiden Direktur: CHRISTIAN ARIANO RACHMAT
Direktur: DAVID TENDIAN
Direktur: CHIA AH HOO
Direktur: M. SYAH INDRA AMAN
Direktur: JULIUS ASLAN
Direktur: SISWANTO PRAWIROATMODJO

3. Menyetujui pemberian wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menyatakan kembali keputusan perubahan susunan Direksi Perseroan dalam Akta Notaris dan memberitahukannya kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta mendaftarkannya dalam daftar perusahaan serta melakukan segala sesuatu yang diperlukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mata Acara Keempat:
Menyetujui untuk memberikan kuasa dan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang  akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang sedang berjalan dan akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2016, serta menetapkan jumlah honorarium untuk Kantor Akuntan Publik tersebut beserta persyaratan lainnya.

Mata Acara Kelima:
Menyetujui untuk memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan honorarium atau gaji, serta tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi Perseroan untuk tahun buku 2016.
Sumber : IPS RESEARCH

JAKARTA berita1 – PT Adaro Energy Tbk (ADRO) membagikan dividen sebesar 75,49 juta dolar AS atau sekitar Rp 981,37 miliar (kurs Rp 13.000) untuk tahun buku 2015 meski kondisi harga batubara sedang berada dalam tren pelemahan.

“Meski 2015 merupakan tahun yang sulit, namun perseroan selalu berupaya keras untuk dapat memberikan tingkat pengembalian yang baik kepada para pemegang saham dengan membayar dividen tahunan,” papar Presiden Direktur Perseroan, Garibaldi Thohir usai rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan di Jakarta, Senin (18/4).

Ia mengemukakan bahwa dana dividen itu merupakan 49 persen dari laba bersih perseroan tahun buku 2015 yang sebesar 152,44 juta dolar AS. Lalu sekitar 75,43 juta dolar AS dari laba bersih tahun buku 2015 akan dimasukan sebagai saldo laba., dan sisanya sebesar 1,52 juta dolar AS digunakan sebagai dana cadangan.

Ia mengatakan bahwa posisi keuangan perseroan tetap kokoh dan tetap dapat menjaga neraca keuangan yang sehat dan likuiditas yang fleksibel meski pada tahun 2015 lalu terjadi kelebihan pasokan dibarengi dengan pertumbuhan permintaan yang lemah yang menyebabkan harga batubara jatuh.

“Namun demikian, perseroan yakin fundamental jangka panjang sektor batubara dan energi tetap kuat. Operasional kami berjalan dengan baik meskipun menghadapi tantangan di pasar batubara dan volatilitas ekonomi global. Fokus kami adalah tetap bertahan di bisnis yang telah dibangun dan terus memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional,” katanya seperti dikutip Antara.

Dalam kesempatan itu, Garibaldi Thohir juga mengatakan bahwa rencana pemerintah untuk melakukan moratorium izin lahan pertambangan merupakan kebijakan positif. Kebijakan itu dapat meningkatkan praktik pertambangan yang ramah lingkungan dan tertib administrasi.

“Memang masih banyak perusahaan yang belum ’clean and clear’, diharapkan ke depan akan lebih baik,” ucapnya. (ID/ths)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: