energi terbarukan: G1TU d0nK @asii, PLN … 130713_251215


Merdeka.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat kapasitas terpasang tenaga listrik yang dihasilkan pembangkit tenaga mikrohidro di Jawa Barat mencapai 25.630 kilowatt. Pembangkit ini telah melistriki ribuan rumah, khususnya di kawasan terpencil.

“Ada 12 pembangkit mikrohidro di Jabar, total eksisting saat ini menghasilkan 25.630 kilowatt. Sebagian besar tersebar di wilayah Jabar selatan,” kata General Manager PLN Distribusi Jabar Banten Iwan Purwana seperti dilansir Antara, di Bandung, Jumat (25/12).

Selain itu, kata dia, ada pula pembangkit listrik yang menggunakan energi daur ulang sampah sebagai bahan bakarnya dengan menghasilkan 4.000-an kilowatt. “Total listrik yang dihasilkan dari kedua jenis pembangkit itu total 31.330 kilowatt. Itu di luar rumah yang dilistriki oleh listrik tenaga surya,” kata Iwan.

Dia menyebut kawasan Jabar Selatan terdapat beberapa daerah yang terpencil yang sulit terjangkau jaringan listrik PLN. Namun, di kawasan itu banyak terdapat sungai mengalir dan tidak mengganggu penggunaan air untuk masyarakat sekitar.

Bahkan beberapa sungai di kawasan itu tidak termanfaatkan karena kondisinya berada di bawah daerah pesawahan sehingga cocok untuk pembangkit listrik mikrohidro. “Listrik yang dihasilkan dari PLTMH itu tidak terkoneksi dengan jaringan listrik Jawa Bali, tetapi langsung dialirkan ke rumah penduduk di kawasan itu,” katanya.

Program PLTMH tersebut merupakan salah satu program elektrifikasi dalam program Jabar Caang 100 persen di Jawa Barat yang ditargetkan elektrifikasi di provinsi itu mencapai 100 persen pada tahun 2017.

Saat ini elektrifikasi di Jabar sudah 92 persen, atau 92 persen rumah sudah teraliri listrik. Ditargetkan dalam dua tahun ke depan sudah bisa mencapai 100 persen. “Seluruh desa di Jabar sudah 100 teraliri listrik. Namun, di beberapa daerah belum bisa mencapai 100 persen karena kontur dan geografis daerahnya yang sulit,” kata Iwan Purwana.

AHM bangun pembangkit
Oleh Aceng Nursalim – Sabtu, 13 Juli 2013 | 07:20 WIB

JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM) membangun lagi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebagai komitmen pemberdayaan masyarakat. Setelah membangun PLTMH Suoh, Lampung Barat, kini AHM menyelesaikan pembangunan PLTMH di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara yang berkapasitas 20.000 watt.
Kristanto, Head of Corporate Communication AHM bilang, PLTMH di Bolang Mongondow yang beroperasi sejak Juni 2013 ini mampu memasok listrik ke sekitar 300 rumah penduduk. “Investasi untuk PLTMH ini sekitar Rp 200 juta,” katanya Jumat (12/7).
AHM juga akan membangun PLTMH di Banjar Puakan Kubutambahan, Buleleng, Bali berkapasitas 30.000 watt dan mampu mengaliri listrik hingga 400 rumah. “Menjelang APEC September nanti mulai dibangun,” kata Kristanto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: