adro @PEMBANGKIT tenaga LISTR1k … 231013


Satu proyek pembangkit ADRO mulai beroperasi
Oleh Amailia Putri Hasniawati – Rabu, 23 Oktober 2013 | 16:58 WIB

kontan

JAKARTA. Salah satu proyek pembangkit listrik milik PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mulai beroperasi hari ini. Pembangkit ini terletak di kawasan Kalimantan Selatan dengan total kapasitas listrik 2×30 megawatt (MW).
Hal ini dikemukakan Garibaldi Thohir, Direktur Utama Adaro. “Ini bagian dari program MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) oleh pemerintah,” ujarnya.
ADRO gencar menggarap proyek pembangkit. Selain memperoleh fulus dari jualan listrik, perseroan juga bisa memperoleh tambahan pendapatan dari penjualan batubara. Pasalnya, pembangkit listrik yang dibangun menggunakan bahan bakar batubara yang bisa disuplai oleh perseroan.
Tak hanya itu, ADRO juga tengah menyiapkan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) lainnya. Seperti, PLTU Kalsel bertenaga 2×100 MW dengan nilai proyek mencapai US$ 350 juta, hingga US$ 400 juta.
Menurut Boy, proyek ini ini sedang dalam persiapan menuju kesepakatan jual beli listrik (power purchase agreement/PPA). Sayangnya, Boy belum bisa memperkirakan, kapan proyek ini tersebut bisa dimulai.
Sama halnya dengan proyek pembangkit perseroan di Batang, Jawa Tengah dengan nilai proyek US$ 4 miliar. Untuk proyek ini, perseroan membentuk perusahaan patungan dengan Electric Power Development Co., (J-Power), dan Itochu Group.
Proyek pembangkit ini terkendala masalah pembebasan lahan. Sedangkan proyek lainnya adalah, proyek power plant di Sumatera Selatan (Sumsel). Kapasitasnya mencapai 3×600 MW dengan total nilai proyek sekitar US$ 3 miliar hingga US$ 4 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: