TERG3D3 @adro + NIPPON … 081013


Jepang-Adaro Bangun Pembangkit Listrik Terbesar di Indonesia
Senin, 07 Oktober 2013 14:12 wibMartin Bagya Kertiyasa – Okezone

NUSA DUA – Kebutuhan akan energi listrik yang tinggi diperlukan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun untuk menciptakan energi yang tinggi tersebut, tidak boleh lagi menggunakan energi fosil.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengungkapkan, saat ini negaranya telah mengembangkan pembangkit listrik batu bara dengan teknologi Ultra Super Critical Generation. Dengan adanya pembangkit tenaga listrik ini, diperkirakan dapat menghemat energi hingga 43 persen.

“Kami akan membawa teknologi tersebut ke Indonesia. Kami akan membangun dua pembangkit listrik dengan kapasitas 1 juta kilowatt (kw), yang merupakan kapasitas terbesar di seluruh dunia,” kata dia dalam APEC CEO Summit, di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013).

Abe melanjutkan, untuk membiayai proyek ini diperkirakan membutuhkan dana sekira USD4 miliar. Setelah rampung, maka listrik tersebut akan dijual selama 25 tahun. “Ini adalah sesuatu yang bisa kami capai, karena kami memiliki teknologi tinggi yang memadai,” ungkap dia.

Abe menambahkan, guna mendapat suplai batu bara yang cukup maka Jepang akan bekerja sama dengan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sebagai pemasok. Adaro ditunjuk karena dinilai sebagai salah satu suplier batu bara terbesar.

“Adaro akan bertanggung jawab atas pasokan batu bara ke pembangkit listrik ini,” tambah dia.

Menurut Abe, Jepang akan menggabungkan teknologi dalam proyek ini, sehingga dapat mencapai energi yang besar. “Proyek unggulan ini merupakan buah dari kerja keras kita selama ini,” tukas dia. (wdi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: