adro @kuartal 3-4 2013 … 060513


Kinerja Emiten Batu Bara Masih Bisa Membaik

Oleh: Ahmad Munjin
pasarmodal – Minggu, 5 Mei 2013 | 18:16 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kinerja keuangan perusahaan pertambangan, khususnya batu bara diperkirakan pada tahun ini masih bisa membaik. Meskipun, harga batu bara dan ekonomi negara tujuan ekspor masih belum stabil.

Analis Pefindo, Guntur Tri Hariyanto mengatakan, tidak cemerlangnya laba perusahaan batu bara bukan saja karena harganya yang mengalami penurunan, tetapi permintaannya juga ikut menurun.

China merupakan tujuan ekspor batu bara tersebesar bagi perusahaan batu bara di Indonesia, karena perekonomian di sana masih belum stabil,” kata Guntur ketika dihubungi INILAH.COM, Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Menurut dia, harga batu bara diperkirakan akan membaik di kuartal tiga atau empat pada tahun ini. Namun, kenaikan harga tersebut tidak seperti di tahun sebelumnya.

“Yang jelas, awal tahun 2014 harga batu bara sudah bisa membaik, dengan didukung perekonomian negara tujuan ekspor batu bara juga ikut stabil,” ucap Guntur.

Diketahui, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) salah satu emiten pertambangan batu bara membukukan laba bersih turun 66% menjadi US$41,6 juta pada kuartal pertama 2013 dari periode sama tahun sebelumnya US$121,8 juta. Harga jual rata-rata turun 18% (yoy) pada kuartal pertama 2013. Hal itu karena pengaruh melemahnya indeks harga batu bara global. [jin]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: