adro BELI tambang … 030513


Akuisisi ADRO Tidak Signifikan, Rekomendasi Hold

Oleh:
pasarmodal – Jumat, 3 Mei 2013 | 11:02 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mengakuisisi 75% saham pada tambang batu bara Balangan, Kalimantan Selatan, senilai Rp3,9 miliar. Namun, akuisisi tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kinerja perseroan.

Balangan memiliki izin usaha pertambangan (IUP) di Balangan, Kalimantan Selatan dengan area seluas 7,500 ha. Balangan memiliki estimasi sumber daya (Resources) mencapai 172.3 juta ton berdasarkan JORC.

Manajemen mengatakan bahwa dana awal untuk mengembangkan proyek tersebut diperkirakan mencapai US$15 juta. Manajemen juga menargetkan produksi dapat berjalan di tahun ini dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 1 juta ton.

Analis Samuel Sekuritas mengatakan, rencana akuisisi sudah termasuk dalam anggaran capex tahun ini. “Kami menilai, akuisisi tambang tersebut tidak akan terlalu berdampak terhadap kinerja perseroan, seiring produksi dan nilai akuisisi yang tidak signifikan,”katanya.

Selain itu dikatakan, akuisisi tersebut dilakukan sebagai upaya perseroan untuk meraih kesempatan selagi harga batu bara rendah. Saat ini ADRO diperdagangkan dengan PE2013 sebesar 13,8 kali dan EV/EBITDA 4,9 kali,”Rekomendasi hold untuk ADRO,”ujarnya. [ast]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: