energi terbarukan: WB @Esurya … 040113


Jum’at, 04 Januari 2013 | 04:18 WIB

Warren Buffett Bangun Energi Surya Terbesar Dunia

TEMPO.CO , California:Satu dari orang terkaya dunia, Warren Buffett, akan membangun energi surya terbesar di dunia. MidAmerican Energy Holdings, anak perusahaan dari Berkshire Hathaway, telah membuat kesepakatan proyek senilai US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 24 triliun dengan perusahaan energi berkelanjutan, Sunpower, untuk membangun dua proyek di Lembah Antelope, California. California merupakan pasar surya terbesar di Amerika Serikat.

Proyek ini akan dimulai beberapa bulan ke depan. Konstruksinya diperkirakan akan selesai pada akhir 2015. Sunpower, yang 66 persen sahamnya dimiliki oleh Total Prancis, akan terlibat dalam pembangunan dan pengoperasian proyek. Kesepakatan ini menandai investasi ketiga perusahaan dalam setahun ini. Tahun lalu MidAmerican meningkatkan investasi energi surya dan angin.

“Ini adalah kesepakatan besar bagi kita, kira-kira ukuran perusahaan kami,” kata Presiden Sunpower dan chief eksekutif, Tom Werner. Sunpower, yang berbasis di San Jose, California, memiliki nilai pasar US$ 732 juta. Kedua proyek yang diakuisisi oleh MidAmerican akan memiliki kapasitas gabungan sebesar 579 megawatt (MW), yang menjadikannya sebagai pembangkit tenaga surya terbesar dunia.

Proyek ini, dalam laporannya ke komisi sekuritas dan bursa Amerika, US Securities and Exchange Commission, diharapkan dapat menciptakan 650 pekerjaan konstruksi. Pada Desember 2011 MidAmerican mengakuisisi pembangkit surya lain dengan kapasitas 550 MW di California dari First Solar. Akuisisi ini bernilai sekitar US$ 2 miliar alias Rp 19 triliun. Total, anak perusahaan Berkshire Hathaway memiliki pembangkit dengan kekuatan lebih dari 1.830 MW, termasuk tenaga angin, panas bumi, dan proyek hidro.

TELEGRAPH | NUR ROCHMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: