minyaaa($85)aaK … 121212


NEW YORK-Harga minyak naik moderat pada Selasa (Rabu pagi WIB 12/12), setelah berita penurunan produksi OPEC pada November dan menjelang hasil akhir pertemuan kebijakan Federal Reserve AS yang diharapkan memperluas operasi pembelian obligasi “QE”.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, naik tipis 23 sen dari penutupan Senin menjadi 85,79 dolar AS per barel.

Di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Januari bertambah 68 sen menjadi 108,01 dolar AS per barel.

Perdagangan bergelombang karena para operator menunggu hasil dari pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Rabu di markas kartel di Wina, Austria, kata Bill Barukh dari iiTrader.

Ke-12 negara kartel minyak, yang memproduksi 35 persen dari permintaan minyak mentah global, Selasa, mengatakan bahwa produksinya turun 210.000 barel per hari pada November.

OPEC mempertahankan perkiraan permintaan minyak 2012 dan 2013 tidak berubah dari proyeksi bulan sebelumnya.

Sentimen pasar juga terangkat oleh indikator positif di Jerman, ekonomi terbesar di Eropa.

“Sentimen meningkat setelah survei ZEW Jerman menunjukkan angka tertingginya sejak Mei dan karena kekhawatiran tentang Italia berkurang,” kata Fawad Razaqzada dari GFT Markets.

Harga minyak mentah kemudian menghapus sebagian besar kenaikan mereka setelah rilis angka perdagangan AS yang lemah untuk Oktober yang menunjukkan, baik permintaan domestik maupun internasional tetap lemah, kata Razaqzada.

“Tetapi dengan pernyataan kebijakan Fed terakhir tahun ini pada besok, para pedagang tidak bersedia mengambil posisi yang berani,” katanya.

Analis memperkirakan Fed akan mengumumkan pembelian obligasi tambahan 45 miliar dolar AS setiap bulan dan memungkinkan program “Operation Twist” akan berakhir sesuai jadwal pada akhir tahun.(ant/hrb)

 

http://www.investor.co.id/international/minyak-naik-setelah-data-produksi-opec-turun/50611

Sumber : INVESTOR DAILY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: