energi terbarukan: stasiun ISI ULANG LISTRIK MOB1L : 101212


Proyek Stasiun Isi Ulang Listrik Diluncurkan
Penulis : Evy Rachmawati | Senin, 10 Desember 2012 | 01:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Pertamina meluncurkan proyek percontohan stasiun pengisian ulang tenaga listrik bagi kendaraan listrik. Hal ini sebagai bagian dari upaya melaksanakan diversifikasi energi sektor transportasi.

Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina Hanung Budya menyampaikan hal itu, dalam acara perayaan Hari Pertamina, Minggu (9/12/2012), di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Hanung menyatakan, pengembangan infrastruktur mobil listrik diperlukan untuk mendukung diversifikasi energi dan menjadikan Indonesia menjadi lebih bersih.

Sebagai langkah awal dalam mewujudkan komitmen ini, Pertamina telah merampungkan pembangunan instalasi proyek percontohan stasiun pengisian ulang listrik untuk mobil di area Kantor Pusat Pertamina. Hal ini sebagai proyek percontohan untuk pengembangan lebih lanjut.

Instalasi itu dipasang di area Kantor Pusat Pertamina yaitu jenis Siemens SIPLUS ECC8000 Electrical Vehicle Terminal Charging. Instalasi itu memiliki kemampuan isi ulang 4 jam baterai penuh untuk jenis mobil listrik jenis “city car” dan dapat dipergunakan untuk jarak tempuh mobil hingga 160 kilometer.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir menambahkan, instalasi tersebut dapat dipergunakan secara umum sebagai uji coba gratis pada hari kerja dan jam kerja sampai akhir Januari 2013.

Peluncuran proyek percontohan itu untuk menumbuhkembangkan kepedulian dari pemerintah, industri otomotif, produsen dan vendor instalasi isi ulang listrik bagi kendaraan listrik, serta masyarakat Indonesia. ” Kami berharap pertumbuhan industri mobil listrik di Indonesia,” kata dia.
Editor :
Tjahja Gunawan Diredja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: