BB+ @adro … seh: 280912


Fitch tegaskan peringkat Adaro di BB+
Oleh Barratut Taqiyyah – Jumat, 28 September 2012 | 10:09 WIB

kontan

JAKARTA. Fitch Ratings masih memandang positif peringkat utang PT Adaro Indonesia. Dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Fitch kembali menegaskan peringkat jangka panjang surat utang mata uang asing dan mata uang lokal Issuer Default Rating (IDR) dari produsen batu bara di level BB+. Adapun prospeknya adalah stabil.

Fitch juga telah menegaskan peringkat surat hutang senior tanpa jaminan mata uang asing sebesar US$ 800 juta di level yang sama, BB+. Utang ini akan jatuh tempo di tahun 2019 dan dijamin 100% oleh perusahaan induknya, PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Penegasan ini mencerminkan pendapat Fitch bahwa Adaro Energy akan menjaga profil keuangan yang sesuai dengan peringkatnya untuk jangka menengah meskipun harga batu bara melemah.

“Demikian pula, dikarenakan lemahnya harga batu bara, risiko tingkat hutang Adaro kemungkinan meningkat melebihi batas yang ditetapkan Fitch di dua tahun ke depan, namun Fitch berpendapat bahwa hal ini tidak akan berkesinambungan untuk periode waktu yang lama,” jelas Fitch.

FITCH RELEASE: Rating Adaro dikukuhkan BB+, Prospek Stabil

Bisnis Indonesia

Jum’at, 28 September 2012 | 09:31 WIB

bisnis indonesia

SINGAPURA: Fitch Ratings, Jumat (28/9) menegaskan peringkat Jangka Panjang Mata Uang Asing dan Mata Uang Lokal Issuer Default Rating (IDR) dari produsen batu bara PT Adaro Indonesia (Adaro) di ‘BB+’ dengan prospek stabil.

Fitch juga menegaskan peringkat surat utang senior tanpa jaminan mata uang asing sebesar USD 800 juta yang akan jatuh tempo di tahun 2019 yang dijamin 100% oleh perusahaan induknya, PT Adaro Energy Tbk (Adaro Energy), di ‘BB+’.

Peringkat dari Adaro didasari oleh kredit profil konsolidasi dengan Adaro Energy, berdasarkan hubungan yang kuat diantara keduanya. Kebijakan operasional dan keuangan Adaro dikontrol dengan ketat oleh induk dan pemegang sahamnya.

Adaro adalah sumber kas utama bagi Adaro Energy, dengan sumbangan lebih dari 80% EBITDA. Beberapa hutang yang dibutuhkan untuk mengembangkan investasi Adaro Energy di sumber daya batu bara dan operasi logistik dilakukan oleh Adaro dengan jaminan dari Adaro Energy.

Penegasan ini mencerminkan pendapat Fitch bahwa Adaro Energy akan menjaga profil keuangan yang sesuai dengan peringkatnya untuk jangka menengah meskipun harga batu bara melemah. Demikian pula, dikarenakan lemahnya harga batu bara, resiko tingkat hutang Adaro kemungkinan meningkat melebihi batas yang ditetapkan Fitch di dua tahun ke depan, namun Fitch berpendapat bahwa hal ini tidak akan berkesinambungan untuk periode waktu yang lama.

Harga spot dari batu bara telah menurun di 2012 dan harga batu bara acuan lebih rendah 25% di bulan Agustus jika dibandingkan dengan rata-rata di tahun 2011. Bagaimanapun, harga jual rata-rata dari Adaro Energy di 2012 tidak akan banyak berubah dibandingkan dengan 2011 (USD73/mt) karena kontrak harga untuk 65% dari produksinya ditetapkan untuk satu tahun.

Tetapi, Fitch berpendapat bahwa harga jual rata-rata dari Adaro Energy akan lebih rendah di 2013 (sekitar batas bawah dan batas tengah USD60/mt) karena Adaro melakukan perjanjian untuk mengirimkan outputnya di tahun 2013. Harga jual rata-rata yang lebih rendah juga mencerminkan pendapat Fitch bahwa harga batu bara akan pulih secara perlahan di 12 sampai 18 bulan ke depan.

Walaupun begitu, rendahnya biaya kas dari Adaro Energy (USD46.3/mt in 1H12, telah mencakup pembayaran royalty) dan belanja modal yang relatif kecil setelah tahun 2012 akan membuat perusahaan untuk tetap memiliki arus kas positif dan membantu penurunan tingkat hutang. Di akhir Juni 2012, Adaro Energy mencatatkan funds from operations (FFO)-adjusted gross leverage sebesar 3.0x dan FFO interest coverage sebesar 6.8x (2.7x dan 6.4x untuk Adaro).

Peringkat mencerminkan posisi Adaro sebagai salah satu produsen batu bara yang memilki biaya terendah, perkembangan produksi yang kuat dan menguntungkan, hubungan yang baik dengan pelanggan yang memiliki kredit profil yang baik, likuiditas yang solid, dan credit metrics yang memadai untuk Adaro Energy dan Adaro.

Peringkat juga mencerminkan ketergantungan Adaro terhadap satu konsesi tambang dan peraturan pertambangan yang terus berubah di Indonesia. Diluar dari usaha diversifikasi yang telah dilakukan Adaro, diversifikasi tersebut tidak akan memiliki sumbangan yang besar terhadap produksi di jangka pendek dan menengah terutama jika perusahaan cenderung menunda biaya pengembangan sampai pemulihan dari industri batu bara berjalan.

Likuiditas dari Adaro Energy didukung oleh cadangan kas sebesar USD 574 juta, undrawn committed credit facilities sebesar USD 435 juta dan kemampuan untuk menghasilkan arus kas bebas melebihi USD 200 juta dari tahun 2013 ke depan. Adaro juga telah menunjukkan akses yang kuat ke bank dan pasar modal.

Tindakan pemeringkatan yang positif bisa saja terjadi bilamana:

-Peningkatan produksi yang berhasil dari operasinya yang sekarang dan assets greenfield yang baru saja diakuisisi serta peningkatan yang signifikan dalam skala dan diversifikasi dalam daerah produksi dan pada saat yang bersamaan menjaga funds from operations (FFO) gross leverage di bawah 2.0x.

Tindakan pemeringkatan yang negatif bisa saja terjadi bilamana:

– FFO gross leverage melebihi 2.75x secara berkelanjutan atau FFO interest coverage jatuh di bawah 5x selama dua tahun berturut-turut.

-Penyimpangan yang material dari kebijakan untuk menjaga likuiditas yang kuat.

-Perkembangan regulasi yang berdampak buruk sehingga menyebabkan memburuknya profil keuangan dari Adaro Energy.

-Investasi yang substansial yang melemahkan profil keuangan dan operasional dari Adaro

-Melemahnya harga batu bara yang signifikan secara berkelanjutan. (Sumber: siaran pers Fitch Ratings)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: