minyaaa($98)aak … 140912


HARGA MINYAK: QE3 The Fed angkat minyak ke US$98,31

Newswire

Jum’at, 14 September 2012 | 07:17 WIB
bisnis indonesia

NEW YORK: Harga minyak global melonjak pada Kamis (Jumat pagi WIB 14/05) ke tingkat tertinggi empat bulan, karena Federal Reserve AS mengumumkan putaran baru pelonggaran kuantitatif untuk merangsang perekonomian yang lesu.

Pasar juga melonjak tinggi karena pedagang mengamati ketegangan geopolitik yang mendidih di Timur Tengah yang kaya minyak mentah.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, melompat sebesar US$1,30 menjadiUS$ 98,31 per barel.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober naik 94 sen menjadi US$116,90, tingkat terbaik sejak 2 Mei.

The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga acuan ultra-rendah hingga pertengahan tahun 2015 dan meluncurkan program satu bulan 40 miliar dolar AS untuk membeli obligasi berbasis mortgage (hipotek).

Pembelian itu bertujuan menurunkan suku bunga jangka panjang dan meningkatkan investasi, pengeluaran dan perekrutan tenaga kerja.

Analis meragukan itu akan banyak membantu perekonomian, mengingat tantangan lainnya untuk pertumbuhan, namun pasar menyukainya.

“Setelah beberapa omongan awal dan melihat harga kembali tak berubah pasar menentukan bahwa itu cukup baik dan aset berisiko termasuk minyak mentah menikmati hari yang solid. Berkelanjutnya dan meningkatnya ketegangan Timur Tengah tentu menambah minat membeli,” kata Laney Sweatt di BMO Capital Markets.

Sementara itu, India memicu gejolak di pasar lokal ketika pemerintah memerintahkan kenaikan 12% untuk harga solar, membalikkan penurunan tiga bulan sebelumnya. (Antara/Bsi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: