PLN @adro, bumi … AKUI$1$1 … 150812


PLN akan Akuisisi Saham Tambang Batu Bara

Oleh: Wahid Ma’ruf
pasarmodal – Rabu, 15 Agustus 2012 | 02:48 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan melakukan investasi hingga US$1 miliar guna membeli saham di pertambangan lokal guna menjamin pasokan.

PLN memperkirakan kebutuhan mereka akan meningkat hingga dua kali lipat dalam tujuh tahun ke depan. “Untuk jangka waktu panjang PLN harus memiliki tambang sendiri, karena permintaan yang besar dari kita sehingga tak ada jalan lain kita harus menjamin pasokan,” kata Helmi Najamuddin, kepala divisi batu bara PLN yang dikutip dari Reuters, Selasa (14/8/2012).

Pada tahun 2016 kebutuhan PLN untuk batu bara thermal mencapai sedikitnya 116,7 juta ton dibandingkan dengan kebutuhan tahun ini yang diperkirakan mencapai 57,3 juta ton. Produksi batu bara tahun ini diprediksi akan mencapai 360 juta ton. Namun menurut Najamuddin tanpa eksplorasi baru cadangan batu bara Indonesia akan habis dalam 40 tahun. “Kita tidak mau jika di masa depan kita harus impor,” katanya.

Kebutuhan batu bara PLN saat ini dipasok dari PT Adaro Energy dan Kaltip Prima Coal milik PT Bumi Resources. PLN menurutnya akan menganggarkan Rp10 triliun untuk membiayai akuisisi. “Jika memungkinkan kita ingin

membeli saham perusahaan seperti Adaro dan KPC

. Kita sudah mulai membeli namun hanya sebagian kecil saja,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: