aksi ORGANIK @adro … 040812


Adaro Investasi US$150,3 Juta ke Proyek OPCC

Oleh: Charles Maruli Siahaan
pasarmodal – Sabtu, 4 Agustus 2012 | 13:28 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Adaro Energy Tbk akan menginvestasikan dana sebesar US$150,3 juta untuk pembangunan sistem Out of Pit Crushing and Conveying System (OPCC).

Dalam laporan perseroan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/8/2012) disebutkan proyek sistem OPCC yang bernilai US$212 juta ini akan membantu untuk mengoffset proyeksi peningkatan biaya pengangkutan lapisan penutup yang menggunakan truk di tambang Tutupan dan mengurangi ketergatungan terhadap minyak.

Adaro memperkirakan sistem ini akan dimulai pada awal 2013 untuk mengangkut lapisan penutup sampai 34 mbcm setiap tahunnya, atau sama dengan 100 dump truk lapisan penutup, untuk menghemat biaya sebesar US$1-1,20 per bcm.

Dipaparkan, sistem ini terdiri dari dua stasiun peremukan berkapasitas 7.000 tph dan satu sistem konveyor sepanjang 7,7 kilometer dengan kapasitas 12.000 tph, yang meliputi konveyor yang dapat diangkut dengan panjang 2,4 kilometer termasuk mobile stacking dan spreading conveyor.

Proyek ini mencapai tingkat penyelesaian 68% per akhir Juni 2012 karena pekerjaan pemasangan dan pembangunan kerangka konveyor untuk stasiun peremukan terus berlanjut. Selain itu, sebagian besar peralatan mekanis dan pekerjaan engineering, yang dirancang FLSmidth, telah tiba di lokasi melalui Terminal Sungai Kelanis.

Adaro menginvestasikan US$35,7 juta selama kuartal II 2012 yang sebagian besaar digunakan untuk rancangan, material, dan konstruksi, sehingga total investasi menjadi US$150,3 juta. [hid]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: