energi terbarukan: pembukTian … 260612


Minibus Listrik Made in Indonesia Rp 900 Juta per Unit
Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Selasa, 26/06/2012 16:40 WIB
Jakarta – Kementerian Riset dan Teknologi telah meluncurkan bus listrik berkapasitas 15 orang penumpang. Mau tahu berapa harga per unitnya?

Kepala Penelitian Bidang Transportasi LIPI Abdul Hafidz mengatakan purwarupa alias prototype bus listrik buatan anak negeri ini jika diproduksi secara massal bisa dijual dengan harga Rp 900 juta.

“Kalau asumsi produksi 1.000 unit, itu harganya 900 juta,” ungkap Hafidz di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Ditempat yang sama, Wamen ESDM Rudi Rubiandini Suharsyah menilai bus listrik buatan anak negeri ini merupakan kebanggan bagi masyarakat Indonesia dan juga sebagai solusi di tengah masalah energi.

Meskipun harga bus listrik relatif mahal, Rudi menilai hal tersebut bukan menjadi masalah jika dibandingkan dengan manfaatnya sebagai angkutan ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

“Menurut saya, walaupun ini mahal ini harus dilakukan. Kita tidak boleh kalah karena mahal atau kurang ekonomis. Itu tidak apa-apa, biarkan biaya mahal itu kita bayar karena yang membuat itu anak negeri sendiri,” imbuh Rudi.

Terkait masih tingginya harga bus listrik tersebut, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin Budi Darmadi mengatakan pihaknya masih menilai berbagai mobil ramah lingkungan yang termasuk dalam katagori low carbon emition energy.

Menurutnya, pemerintah akan membantu berupa stimulus yang dapat memperkecil biaya produksi pembuatan bus listrik tersebut.

“Jadi sebuah regulasi yang paling hemar nanti yang dapat kebijakan fiskal dan itu masih dalam proses untuk pemberian insentif,” sebut Budi.

(feb/ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: