adro dibeli sendir1 … 180612


Kiat Boy Adaro, Pengusaha Bersinar Asia
Bagi dia, seorang pengusaha harus berpikir jauh ke depan, untuk 10-20 tahun mendatang
Senin, 18 Juni 2012, 01:17 WIB
Nur Farida Ahniar, Iwan Kurniawan

VIVAnews – Kesuksesan Garibaldi Thohir menjadi salah satu pengusaha yang sukses di Indonesia tidak didapat dengan mudah. Kuncinya, Garibaldi selalu berpikir secara jangka panjang dalam mengambil keputusan dan enggan berspekulasi.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk ini menuturkan, dalam memimpin perusahaan, dia mempunyai visi untuk membuat Adaro tumbuh berkembang secara finansial maupun kualitas. Untuk itu, pria yang lebih sering disapa Boy ini selalu menekankan kepada manajemen Adaro untuk membuat visi jangka panjang secara terintegrasi.

“Adaro tidak sekedar tambang batu bara, namun juga kontraktor, holding, pelabuhan dan harus berperan lebih dengan membangun PLTU sendiri,” kata Boy di Jakarta, Minggu 17 Juni 2012.

Menurut Boy seorang pengusaha harus berpikir jauh ke depan, 10-20 tahun mendatang, dengan terus melalukan inovasi. Ia mencontohkan, teknologi shale gas belum berkembang di Indonesia yang masih mengandalkan batu bara. Namun Shale Gas sudah sukses dikembangkan di Amerika.

Boy sendiri fokus dalam mengembangkan dua bisnisnya, yaitu bisnis berbasis sumber daya alam dan berbasis populasi.Selain menjadi Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Boy juga dikenal sebagai Pendiri PT WOM Finance. Alasannya sederhana, Ia berbisnis apa yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Menjadi generasi kedua di Keluarga Thohir juga menjadi beban tersendiri. Banyak yang menilai kesuksesan dirinya karena bantuan dari sang ayah, Teddy Thohir, salah satu pendiri Astra International dan pengusaha yang disegani di Indonesia.

“Yang namanya second generation itu, kalau kita sukses, orang luar pasti melihat ‘tentu saja bapaknya kaya, disekolahin luar negeri’. Namun kalau bangkrut, pasti dihujat habis-habisan kitanya bodoh,” katanya.

Ia selalu memegang pesan sederhana dari sang ayah yaitu junjung nama baik. Menurutnya sejak kecil ayahnya selalu menyatakan nama baik itu segala-galanya, sedangkan uang itu nomor dua. Nama baik itulah modal utama ayahnya sehingga bisa menjadi sukses menjadi pengusaha di Indonesia.

Setiap minggunya, Boy juga melakukan diskusi dan sharing antara pemilik saham, dewan komisaris, dewan direksi dengan para karyawan. Setiap minggu, salah seorang diantara mereka diskusi dengan para karyawan untuk mengetahui masalah yang terjadi di perusahaan.

Selain itu Boy juga selalu mengingatkan kepada seluruh karyawannya untuk tidak bersikap sombong. Ia tidak segan-segan untuk marah kepada anak buahnya yang sombong. Marahnya Boy tersebut karena Ia ingin memberikan contoh kepada seluruh karyawan.

“Saya bilang yang paling penting itu memimping dengan contoh, bukan lips service,” kata pria kelahiran Jakarta, 1 Mei 1965 ini.

Siapkan Regenerasi

Tantangan ke depan, lanjutnya, adalah menyerahkan estafet dari generasi kedua menjadi generasi ketiga. Boy selalu berusaha menyempatkan diri untuk berkumpul dengan keluarga besar kakak dan adiknya yaitu Rika dan adiknya Erick Thohir setiap minggu. Hal ini ia lakukan untuk membangun ikatan keluarga yang kuat.

“Kalau anak-anak mau sukses, kita sebagai orang tua itu harus memberikan contoh yang baik. Kalau orang tuanya keras, suka main gampar ya pasti berantakan. Dalam bisnis pun seperti itu,” katanya.

Beberapa waktu lalu majalah Fortune merilis 25 entrepeneur paling bersinar di kawasan Asia Pasifik. Dari 25 entrepreneur tersebut, Indonesia bisa menyumbang satu nama sebagai pebisnis paling gemilang di Asia.

Boy Garibaldi Thohir yang merupakan presiden direktur PT Adaro Energy Tbk dianggap bisa menggeser penguasa-penguasa bisnis batu bara di Indonesia. (ren)
JAKARTA – Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir melakukan pembelian saham ADRO sebanyak 8,23 juta lembar saham.

“Tujuan transaksi untuk investasi,” kata Sekretaris Perusahaan ADRO Devindra Ratzarwan dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (17/6/2012).

Pembelian saham tersebut dilakukan pria yang akrab disapa Boy tersebut dengan tiga tahap pada 14-15 Juni 2012.

Awalnya, Boy membeli sebanyak 5,38 juta lembar saham ADRO di harga Rp1.210 per saham pada 14 Juni. Lalu di hari yang sama, dia melakukan pembelian kembali sebanyak 1,75 juta lembar saham senilai Rp1.220 per saham.

Selanjutnya pada 15 Juni, Boy membeli sebanyak 1,1 juta lembar saham dengan harga Rp1.210 per saham.

http://economy.okezone.com/read/2012/06/18/278/649222/boy-thohir-beli-8-23-jt-lembar-saham-adaro

Sumber : OKEZONE.COM
Boy Thohir Borong 1,1 Juta Lembar Saham Adaro
Whery Enggo Prayogi – detikfinance
Senin, 18/06/2012 15:40 WIB
Jakarta – Tak puas memiliki 2,496 miliar lembar saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), Garibaldi Thohir mengumumkan telah membeli 1,1 juta lembar saham di perusahaan batubara ini senilai Rp 1,33 miliar.

Berdasarkan keterangan Sekretaris Perusahaan Adaro Energy, Devindra Ratzarwin kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (18/6/2012), Garibaldi yang akrab disapa Boy Tohir telah membeli saham ADRO pada 15 Juni lalu. Garibaldi menjabat sebagai Presiden Direktur ADRO.

Jumlah saham yang dibeli 1,1 juta lembar dengan harga Rp 1.210 per lembar. Tujuan pembelian, menurut Devindra adalah sebagai investasi.

Harga pembelian ini jauh lebih tinggi dari posisi perdagangan saham ADRO hari ini, Rp 1.300 per lembar. Pasca penambahan ini, kepemilikan pria yang akrab disapa Boy Thohir ini menjadi 2.497.484.062 lembar.

Sedangkan kepemilikan saham lain (sebelum pembelian) terbagi menjadi beberapa pihak, diantaranya:

Publik 15,952 miliar lembar
UBS AG Singapore S/A 1,835 miliar lembar
PT Triguna Thohir 2,496 miliar lembar
PT Triputra Investindo Arya 4,268 miliar lembar
GS NY SEG AC-LOCKUP ACCOUNT 3,18 miliar lembar
PT Persada Capital Investama 3,52 miliar lembar, dan
Citibank Hongkong S/A CBHK-CPBSG-PT Saratoga Investa 4,775 miliar lembar

(wep/dnl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: