minyaaa($84)aak … 150612


Harga kontrak minyak melanjutkan reli kemarin
Oleh Barratut Taqiyyah, Bloomberg – Jumat, 15 Juni 2012 | 06:54 WIB

kontan

SYDNEY. Harga kontrak minyak dunia melanjutkan reli kemarin (14/6). Pagi tadi, harga kontrak minyak untuk pengantaran Juli naik 58 sen menjadi US$ 84,49 per barel di New York Mercantile Exchange. Pada pukul 08.52 waktu Sydney, kontrak yang sama berada di posisi US$ 84,48 per barel.

Kemarin, harga kontrak minyak mencatatkan kenaikan sebesar 1,6% menjadi US$ 83,91 per barel. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak 8 Juni lalu. Jika dihitung, sepanjang pekan ini, harga minyak sudah naik 0,4% dan turun 15% tahun ini.

Kenaikan harga minyak dipicu oleh spekulasi investor bahwa the Federal Reserve kemungkinan besar akan mengambil langkah strategis untuk menstimulasi perekonomian. Selain itu, OPEC mengimbau para anggotanya untuk memangkas produksi seiring tingginya jumlah kuota.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Juli turun 10 sen menjadi US$ 97,03 per barel di ICE Futures Europe exchange. Sedangkan kontrak harga minyak Brent untuk pengantaran Agustis naik 45 sen menjadi US$ 97,17 sebarel.
Produksi OPEC Dipangkas, Harga Minyak Naik
Ester Meryana | Kistyarini | Jumat, 15 Juni 2012 | 07:44 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com – Harga minyak mentah mengalami kenaikan tertinggi dalam kurun waktu lebih dari dua bulan didorong spekulasi Bank Sentral Amerika Serikat akan melonggarkan kebijakan moneternya, dan adanya permintaan agar negara-negara OPEC memangkas produksinya yang telah melewati batas atas.

Kedua hal itu mendorong harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juli naik 1,29 dollar AS menjadi 83,91 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Kamis (14/6/2012) waktu setempat. Sementara itu, harga minyak Brent untuk penetapan Juli, merosot 10 sen menjadi 97,03 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Ada ekspetasi bahwa para pembuat kebijakan Bank Sentral AS akan mengumumkan stimulus baru pada minggu depan menyusul laporan ketenagakerjaan yang buruk.

Angka klaim pengangguran lebih buruk dari yang diperkirakan yakni naik 6.000 menjadi 386.000. Padahal estimasi Bloomberg hanya 375.000. Dan menurut data Departemen Ketenagakerjaan AS yang dikeluarkan Kamis waktu setempat, biaya hidup di AS turun pada bulan Mei. Itu penurunan terbanyak dalam lebih dari tiga tahun.

Kondisi ini bisa memberikan kelonggaran bagi Bank Sentral untuk meluncurkan stimulus demi mendorong pertumbuhan ekonomi AS. “Itu (laporan ketenagakerjaan) memberikan lebih banyak amunisi untuk the Fed dan ada sebuah kesempatan yang besar bagi kami untuk melihat sesuatu terjadi,” sebut Jacob Correll, analis Summit Energy Inc., di Kentucky.

Di sisi lain, Sekjen OPEC Abdalla El-Badri, mengatakan, produksi grup sekitar 1,6 juta barrel per hari di atas target 30 juta barrel yang telah diperbaharui. Jacob pun menilai, pemangkasan produksi tidak akan berdampak signifikan pada harga minyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: