energi terbarukan: limbahPRODUKTIF (001) … 310512


GRESIK–MICOM: PT Semen Gresik (Persero) Tbk (SMGR) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan inovasi dengan mengembangkan energi alternatif dari limbah sampah untuk bahan bakar produksi.

Penandatanganan kerja sama pemanfaatan limbah sampah untuk energi alternatif dilakukan Direktur Utama PT Semen Gresik Dwi Soetjipto dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim di Gresik, Jawa Timur, Kamis (31/5).

PT Semen Gresik akan memanfaatkan limbah sampah yang ada di Kota Gresik untuk didaur ulang dengan teknologi khusus menjadi energi alternatif.

“Dalam sehari, limbah sampah di wilayah Gresik mencapai 271 ton. Memang tidak semuanya bisa didaur ulang untuk dijadikan energi alternatif,” kata Dwi Soetjipto.

Ia berharap proyek inovasi itu sudah bisa dijalankan secara efektif untuk bahan bakar pabrik Semen Gresik di Tuban pada 2013, setelah semua peralatan pendukung disiapkan.

Pemanfaatan limbah untuk energi alternatif pengganti bahan bakar batu bara sebenarnya sudah dilakukan pabrik Semen Gresik di Tuban sejak beberapa tahun terakhir dengan memanfaatkan limbah pertanian.

Bahkan, Semen Gresik juga telah melakukan rekayasa mesin produksi untuk menyesuaikan dengan bahan bakar limbah tersebut.

“Tapi persentasenya masih relatil kecil, hanya sekitar 6-8 persen dari total kebutuhan bahan bakar batu bara yang mencapai 2 juta ton per tahun. Ini karena bahan bakunya memang masih terbatas,” tuturnya.

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/31/323201/21/2/Semen-Gresik-Pakai-Sampah-Jatim-untuk-Bahan-Bakar

Sumber : MEDIA INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: