modal kerja TERTAHAN@el$4 … 280512


JAKARTA. Masih tertahannya dana sebesar Rp 111 miliar milik PT Elnusa Tbk (ELSA) di PT Bank Mega Tbk (MEGA) ternyata menghambat kinerja perusahaan tahun ini. Meski demikian, manajemen mengaku masih berusaha agar target kinerja perusahaan yang telah ditetapkan sejak awal tahun tetap dapat direalisasikan sesuai rencana.

“Kami meyakini bahwa kinerja perusahaan masih tetap akan bisa tumbuh dibanding realisasi tahun lalu. Namun dengan dana kami yang masih tertahan di Bank Mega, jelas porsi pertumbuhan kami di tahun ini menjadi terhambat dibandingkan yang seharusnya,” terang Vice President Corporate Legal ELSA Imansyah Syamsuddin dalam rilis Senin (28/5).

Proyeksi bakal menyusutnya porsi pertumbuhan kinerja ELSA dilatar belakangi karena dana tersebut seharusnya bisa dialokasikan untuk mengerjakan sejumlah proyek. Selain itu perusahaan pun perlu mencari tambahan pendanaan melalui berbagai opsi yang cepat dan murah, seperti melakukan pembayaran kembali (refinancing) terhadap utang-utang perusahaan.

“Dengan berbagai proyek yang kami dapatkan, perusahaan jelas membutuhkan cash flow dengan cepat. Tidak bisa menunggu lama. Untuk proyek hulu yang berada di darat saja, misalnya, kami harus mengeluarkan dana investasi sebesar US$ 30.000 sampai US$ 60.000 per hari,” ungkap Imansyah.

Belum lagi untuk proyek offshore, ELSA bahkan harus merogoh kocek sebesar US$ 90.000 hingga US$ 120.000 per hari. Dengan kebutuhan dana tersebut banyak proyek yang seharusnya bisa diambil oleh perusahaan namun gagal dilaksanakan lantaran ketiadaan dana.

“Jadi kan kalau tiap proyek pembayarannya bisa baru dilakukan setelah tiga atau enam bulan kerja. Bayar di belakang. Jadi akhirnya banyak proyek yang seharusnya bisa kami ambil, tapi tidak bisa diambil,” pungkas Imansyah.

http://investasi.kontan.co.id/news/kinerja-elsa-terhambat-bank-mega

Sumber : KONTAN.CO.ID

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: