minyaaa($102)aak … 120412


SINGAPURA- Harga minyak turun di perdagangan Asia Kamis (12/4), dengan melemahnya permintaan energi Amerika Serikat dan kekhawatiran krisis utang zona euro dapat membayang-bayangi pasar, kata analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei turun 28 sen ke posisi 102,42 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea juga penyerahan Mei turun 21 sen menjadi 119,97 dolar AS per barel pada perdagangan pagi.

Penurunan dalam harga minyak muncul meski pasar saham mencatat “rebound” dari penurunan tajam pada hari sebelumnya di mana telah dipicu oleh kekhawatiran zona euro.

“Faktor utama yang menekan harga minyak….salah satunya adalah kenaikan dalam cadangan minyak mentah AS,” kata Nick Trevethan, ahli strategis komoditas senior pada ANZ Research di Singapura.

Departemen energi Amerika Serikat Rabu melaporkan bahwa cadangan minyak mentah negara itu naik 2,8 juta barel pada pekan yang berakhir 6 April, lebih tinggi dari pada estimasi 2,2 juta barel oleh para analis.

Lonjakan dalam inventaris minyak mentah di Amerika Serikat telah mengindikasikan penurunan permintaan di ekonomi terbesar dan juga konsumen terbesar dunia itu.

Kekhawatiran seputar stabilitas finansial di zona euro juga masih terus membebani pasar.

Trevethan juga mengatakan bahwa harga minyak tetap didukung oleh kekhawatiran pasokan di Timur Tengah.

Sementara Iran diperkirakan akan bertemu dengan para wakil dari enam negara kuat–Inggeris, China, Perancis, Jerman, Rusia dan Amerika Serikat–pada akhir pekan ini untuk membicarakan seputar program nuklir kontroversialnya.

Republik Islam itu telah menolak tuduhan Barat bahwa negaranya mengembangkan bom nuklir dan telah mengancam akan menutup Selat Hormuz, yang merupakan jalur lintas utama bagi seperlima dari pasokan minyak dunia, jika negara itu dikenakan berbagai sanksi lagi.

http://www.investor.co.id/home/harga-minyak-turun-di-perdagangan-asia/33820

Sumber : INVESTOR DAILY
Minyak mendekati level tertinggi sepekan
Oleh Dupla Kartini, Bloomberg – Kamis, 12 April 2012 | 06:41 WIB

kontan

SYDNEY. Harga minyak melaju setelah AS melaporkan penurunan stok bahan bakar. Emas hitam ini diperdagangkan mendekati level tertinggi hampir sepekan. Reli minyak juga didukung pernyataan pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) yang mengisyaratkan bank mungkin akan bertindak untuk membendung penyebaran krisis utang di kawasan itu.

Minyak mentah WTI untuk pengiriman Mei bergulir tipis ke US$ 102,62 per barel pada perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pukul 9.16 waktu Sydney. Kemarin, kontrak yang sama melejit 1,7% ke posisi US$ 102,70 per barel. Ini level penutupan tertinggi sejak 5 April.

Sementara, minyak Brent untuk pengiriman Mei menguat 0,3% ke level US$ 120,18 per barel di bursa ICE Futures Europe.

Semalam, Departemen Energi AS melaporkan, stok bensin berkurang 4,28 juta barel per pekan lalu. Selain itu, persediaan bahan bakar sulingan, yang mencakup minyak pemanas dan diesel juga turun 4 juta barel. Sebelumnya, analis memprediksi penyusutan hanya sebesar 1,38 juta barel. Kabar ini pun menggiring sentimen positif pada harga minyak.

“Penurunan stok bensin dan distilat merupakan kejutan besar hari ini. Angka pasokan itu telah menggiring seluruh pasar naik lebih tinggi,” kata Chris Dillman, analis dan broker di Tradition Energy, di Stamford.

Harga minyak juga kian menguat, setelah Benoit Coeure, anggota dewan eksekutif ECB, menyarankan bank memulai kembali pembelian obligasi untuk Spanyol. Hal ini menyebabkan euro menguat 0,6% versus dollar AS. “Minyak juga mendapat sokongan berkat pelemahan dollar AS, di tengah beberapa jaminan ECB,” kata Andrey Kryuchenkov, analis VTB Capital di London.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: