BI kontra EL$4 … 040412


JAKARTA – Otoritas perbankan, Bank Indonesia (BI) menuturkan pembayaran deposito milik PT Elnusa Tbk (ELSA) yang diselewengkan di PT Bank Mega Tbk (MEGA) menunggu kepastian hukum di tingkat kasasi.

Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Bank Mega untuk membentuk escrow account. Tapi, dia menggarisbawahi jika pembayaran deposito itu menunggu keputusan pengadilan.

“Sebenarnya itu pelajaran supaya tidak terulang lagi, dari awal (BI) menawarkan supaya mereka berdamai. Tetapi kelihatannya tidak bisa, sehingga kita ambil keputusan agar Bank Mega membuat escrow account, untuk berjaga, menyediakan dana kalau sampai pengadilan, mengambil keputusan tetap dan suruh dia bayar,” jelas Darmin di Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Dengan demikian, koridor pengembalian dana deposito milik Elnusa sudah ada. Jadi tinggal menunggu hasil kasasi yang diajukan Bank Mega.

“Koridornya sudah sudah ada, tinggal bagaimana keputusan pengadilan. Kita tunggu saja. BI tidak ikut jadi bagian, ya memang itu harus berkeputusan tetapi itulah yang harus dijalankan, harus dibayar sudah ada dibayar, ya tergantung keputusannya,” ungkap dia.

“Saya tidak mau spekulasi, yang akan diputuskan karena ini masih ada proses dan kasasi jadi kita tunggu saja,” imbuhnya.

Sebelumnya, Elnusa mendesak BI untuk menegur PT Bank Mega Tbk agar segera mencairkan dana deposito miliknya, sebesar Rp111 miliar. Pasalnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan perdata Elnusa terhadap Bank Mega.

Kuasa Hukum ELSA Dodi S Abdulkadir mengatakan, dengan fakta tersebut, seharusnya BI sebagai otoritas perbankan dapat membuat kebijakan, sebagaimana BI telah meminta Citibank membayar dana nasabah sebagai akibat perbuatan melanggar hukum oleh karyawannya.

Sebaliknya, Sekretaris Perusahaan Bank Mega Gatot Aris Munandar mengatakan, putusan itu berlawanan dengan bunyi putusan Pengadilan Tipikor Bandung sebelumnya yang mengadili perkara sama. Para terdakwa divonis bersalah dan dihukum untuk mengganti kerugian pada negara.

http://economy.okezone.com/read/2012/04/04/457/605449/bi-pembayaran-deposito-elnusa-di-bank-mega-tunggu-kepastian-hukum

Sumber : OKEZONE.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: