adro @266 Jt TON … 230312


ADRO siap operasikan tambang Mustika
Oleh Sandy Baskoro – Kamis, 22 Maret 2012 | 23:08 WIB

kontan

JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) segera mengoperasikan tambang batubara di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Total cadangan batubara ADRO di tambang tersebut mencapai 272,6 juta ton.

ADRO menguasai tambang itu melalui anak usahanya, PT Mustika Indah Permai. Berdasarkan estimasi Australasian Joint Ore Reserves Committee (JORC), cadangan batubara tersebut cukup untuk mendukung operasi tambang ADRO selama 26 tahun dengan estimasi produksi 10 juta ton per tahun.

Laporan JORC dirilis oleh Golder Associates, sebuah perusahaan konsultan pertambangan internasional yang berbasis di Missouri, Amerika Serikat. ADRO melalui anak usaha PT Alam Tri Abadi resmi mengakuisisi 75% saham Mustika Indah Permai senilai US$ 222,5 juta dari Elite Rich Investment Limited. Perjanjian akuisisi itu diteken pada 19 Agustus 2011.

“Produksi batubara akan dimulai dalam kurun waktu satu tahun setelah akuisisi terhadap Mustika Indah Permai,” ungkap Garibaldi Thohir, Presiden Direktur ADRO, dalam pernyataan resminya, Kamis (22/3).

Cadangan Batubara Anak Usaha Adaro 286,4 Juta Ton

Oleh: Wahid Ma’ruf
Pasar Modal – Jumat, 23 Maret 2012 | 04:14 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menjelaskan cadangan batubara anak usahanya yaitu PT Mustika Indah Permai (MIP) diperkirakan mencapai 286,4 juta ton.

Demikian mengutip keterbukaan informasi yang diterbitkan BEI, Kamis (22/3/2012). Estimasi tersebut berdasarkan Australasian Joint Ore Reserves Committee (JORC) Compliant terhadap sumber daya dan cadangan batubara MIP yang berlokasi di Kabupaten Lahat, propinsi Sumatera Selatan.

Cadangan Batubara saat ini dipandang cukup untuk mendukung
operasi tambang dengan tingkat produksi 10 juta ton per tahun untuk 26 tahun ke depan. Dengan memberikan toleransi 3 tahun kenaikan produksi dan 1 tahun penurunan produksi.

Pada tanggal 23 Agustus 2011, Adaro Energy mengumumkan akuisisinya terhadap kepemilikan ekuitas atas MIP sebesar 75%. Per 15 Desember 2011, total Sumber Daya Batubara berdasarkan JORC Compliant untuk MIP
diperkirakan mencapai 286,4 juta ton, dengan 272,6 juta ton dari jumlah tersebut merupakan estimasi Cadangan Batubara JORC Compliant.

Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir, mengatakan, dengan rampungnya laporan JORC untuk MIP, maka perseroan dapat manyampaikan informasi lebih lanjut mengenai akuisisi yang dilakukan di Sumatera Selatan kepada investor publik maupun pemangku kepentingan lainnya.

“Artinya, kita sudah semakin dekat dengan tahap operasi komersial demi menciptakan nilai pemegang saham dari investasi di Sumatera Selatan ini,” katanya.

Produksi batubara, lanjutnya, direncanakan untuk dimulai dalam kurun waktu satu tahun setelah akuisisi terhadap MIP. Dengan adanya MIP dan investasi lainnya di Sumatera Selatan, yaitu SMS dan BEE, perseroan sedang membangun aset jangka panjang yang berbiaya rendah.

Pada tanggal 19 Agustus 2011, PT Alam Tri Abadi (ATA), anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh PT Adaro Energy Tbk, menandatangani perjanjian jual beli untuk mengakuisisi 75% kepemilikan atas MIP dari Elite Rich Investment Limited dengan nilai US$222,5 juta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: