elsa BIJAK utanK … 160212


Efisiensi, ELSA Tekan Bunga Pinjaman US$6,7 Juta

Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Kamis, 16 Februari 2012 | 18:34 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELSA) menekan bunga pinjaman dengan potensi efisiensi sebesar US$6,7 juta untuk 5 tahun ke depan.

Perseroan mencatatkan interest rate yang dibayarkan rata-rata 6,7% per tahun turun menjadi 4,9% per tahun. Penurunan beban bunga ini merupakan hasil dari aksi korporasi yang dilakukan perseroan di antaranya karena fixed rate notes (FRN) dengan tingkat bunga 9% termasuk bagian yang di refinancing dengan tingkat suku bunga rata-rata tersebut.

Refinancing tersebut diperoleh dari sindikasi baru yang dipimpin PT Bank Central Asia Tbk dengan anggota sindikasi BCA, Indonesia EximBank, Chinatrust Bank, Mizuho Bank, dan Bank of China. “Perseroan menyadari turbulensi perekonomian Eropa dan pasar modal global saat ini adalah hal yang sulit dihindari oleh hampir semua pelaku pasar. Terlebih lagi, performance perseroan yang saat ini sedang dalam tahap recovery yang memerlukan langkah strategis dan tepat untuk perbaikan ke depan,” tutur VP Corporate Secretary, Heru Samudra, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Kamis (16/2).

Lebih lanjut ia mengatakan, sejalan dengan perkembangan dan prospek industri, perseroan akan berusaha untuk lebih fokus terhadap pengembangan oilfield services yang memiliki potensi pendapatan signifikan di samping juga melakukan efisiensi biaya-biaya, termasuk mengoptimalkan cost of financing Perseroan.

Sebelumnya perseroan telah mendapatkan pinjaman sindikasi yang dipimpin BCA dengan plafon maksimum sebesar US$122,5 juta atau sekitar Rp1,1 triliun pada 2011. [hid]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: