energi alternatif: OMDO (101) … 130112


Pelaku Otomotif Siapkan Prototype Mobil BBG
Hingga kini, industri otomotif masih mencari formula yang tepat hadapi konversi BBM
Kamis, 12 Januari 2012, 15:23 WIB
Syahid Latif, Ronito Kartika Suryani

VIVAnews – Kalangan industri otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan masih mencari formula yang tepat seiring wacana kebijakan konversi bahan bakar minyak (BBM). Formula itu diperlukan agar kebijakan baru pemerintah itu tidak berdampak berapa besar pada produksi kendaraan nasional.

“Ada beberapa faktor. Hanya memang kalau dibandingkan 2005 sampai 2006, jangan sampai sebesar itu,” kata Ketua Gaikindo, Sudirman MR di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2012.

Sudirman kembali menegaskan bahwa sulit untuk memprediksi dampak kebijakan konversi BBM terhadap industri otomotif nasional. Namun, satu yang pasti, kebijakan itu akan berpengaruh pada masyarakat kelas menengah ke atas yang sudah diwajibkan menggunakan BBM jenis pertamax.

Kalangan pelaku industri kendaraan bermotor, lanjut Sudirman, saat ini terus berkoordinasi guna mematangkan persiapan peralihan penggunaan BBM ke bahan bakar gas (BBG).

Bahkan setiap agen tunggal pemegang merek (ATPM) diketahui tengah mempersiapkan purwa rupa (prototype) kendaraan yang bisa menggunakan BBG. “Daihatsu grandmax membuat prototype dengan BBG,” kata Sudirman.

Saat disinggung mengenai pengadaan alat converter kit-nya, Sudirman memastikan hal tersebut, secara teknis, masih bisa dilakukan. “Namun untuk pengadaannya (memang) mahal, sampai Rp15 juta,” ujarnya.
• VIVAnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: