bipi pasca batal @elsa … 221211


JAKARTA – PT Benakat Petroleum Energy Tbk akan mengakuisisi perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur pertambangan batu bara, PT Astrindo Mahakarya Indonesia, senilai 600 juta dollar AS atau sekitar 5,49 triliun rupiah. Pengambilalihan ini merupakan strategi perusahaan migas tersebut untuk ekspansi ke tambang batu bara.

Direktur Keuangan Benakat Michael Rusli mengatakan akui sisi ini sejalan dengan strategi pengembangan usaha dan merupakan langkah awal dari implementasi pengembangan model bisnis lebih lanjut yang disiapkan perseroan, dalam proses transformasinya menjadi salah satu perusahaan energi dan sumber daya alam terintegrasi.

“Para pihak telah mencapai kesepakatan yang dituangkan di dalam perjanjian pengikatan jual-beli saham (Conditional Sales and Purchase Agreement) yang telah ditandatangani pada tanggal 19 Desember 2011 lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (21/12).

Menurut Michael, akuisisi ini sangat strategis dan berdampak signifi kan bagi pengembangan usaha Benakat ke depannya. Dalam pelaksanaan transaksi ini, Benakat telah menunjuk PT Danatama Makmur sebagai penasihat keuangan perusahaan.

“Akuisisi ini konsisten dengan visi perseroan untuk bertransformasi dari sebelumnya merupakan perusahaan minyak dan gas bumi terintegrasi, menjadi sebuah perusahaan pengelola sumber daya alam strategis terintegrasi di Indonesia.”

70 Juta Ton
Menurut Michael, dengan valuasi Astrindo yang menarik, akuisisi ini diharapkan memberikan nilai tambah (added value) kepada seluruh stakeholder dengan lebih cepat melalui strategi pertumbuhan nonorganik (inorganic growth).

“Dengan kapasitas pengelolaan produksi batu bara sebesar lebih dari 70 juta ton per tahun, akuisisi ini diharapkan lebih meningkatkan kinerja perseroan secara signifikan,” jelas Michael.

Selain itu, perseroan juga mengincar peningkatan laba bersih yang diperkirakan dapat mencapai lebih dari 80 juta dollar AS pada 2012 dan 180 juta dollar AS pada 2013. Setelah batal mengakuisisi PT Elnusa Tbk, sebelumnya Benakat mengaku telah menyiapkan dana belanja modal tahun 2012 sebesar 54 juta dollar atau setara 486 miliar rupiah untuk meningkatkan produksi minyak dan gas.

Menurut Presiden Direktur BIPI MS Noor, dana belanja modal itu akan digunakan untuk mendongkrak kapasitas produksi dua lapangan migas yang dioperasikan anak usaha perseroan. Sebesar 24 juta dollar AS atau 192 miliar rupiah untuk lapangan Bangkudulis, Kalimantan Timur, dan 30 juta dollar atau sekitar 270 miliar rupiah untuk lapangan Benakat Barat di Prabumulih, Sumatra Selatan.

“Belanja modal untuk Bangkudulis akan mulai dicairkan pada awal 2012 melalui program pengeboran enam sumur pengembangan dan kerja ulang lima sumur,” katanya sebelumnya. nse/E-11

http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/78964

Sumber : KORAN-JAKARTA.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: