minyaaa($99)aak … 141211


MELBOURNE: Minyak diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam satu minggu di New York di tengah tanda-tanda Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan menetapkan batas produksi ketika mereka bertemu di Wina hari ini.

Minyak mentah untuk pengiriman Januari berada di US$99,95 per barel, turun 19 sen, dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pukul 10.58 waktu Sydney.

Kontrak itu kemarin naik 2,4% menjadi US$100,14, penutupan tertinggi sejak 7 Desember. Harga 9,4% lebih tinggi tahun ini setelah naik 15% pada 2010.

Adapun minyak Brent untuk penyelesaian Januari naik US$2,24 atau 2,1% menjadi US$109,50 per barel di ICE Futures Europe yang berbasis di London.

Kenaikan harga kemarin terjadi setelah laporan dari kantor berita Fars yang dikelola negara bahwa Iran akan mengadakan latihan untuk menutup Selat Hormuz. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan spekulasi mengenai penutupan itu tidak benar.

Menteri perminyakan negara-negara OPEC berada di Wina dalam pertemuan hari ini untuk memutuskan tingkat pasokan paruh pertama 2012.

Pertemuan terakhir OPEC Juni lalu tidak menghasilkan konsensus setelah enam anggota termasuk Iran dan Venezuela menentang keinginan Arab Saudi dan tiga Negara lainnya untuk memompa lebih banyak karena produksi Libya terpangkas.

Seorang delegasi yang menolak disebut namanya, seperti dukutip dari Bloomberg, mengatakan anggota OPEC sebetulnya telah sepakat menetapkan plafon produksi untuk semester pertama tahun depan 30 juta barel per hari.

Hal itu senada dengan perkiraan Badan Energi Internasional bahwa OPEC akan perlu memompa 30,2 juta barel per hari tahun depan.

Di tempat terpisah, data Amerika Petroleum Institute menunjukkan stok minyak mentah AS naik 462.000 barel selama pekan lalu.

Laporan Departemen Energi akan menyusul hari ini. Survei Bloomberg menunjukkan persediaan mungkin turun 2,5 juta barel.

http://www.bisnis.com/articles/harga-minyak-dekati-level-tertinggi-dalam-seminggu

Sumber : BISNIS.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: