energi terbarukan: OMDO (8) … 141211


Keberadaan pabrik biofuel untuk bahan bakar pengganti solar di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau kini mati suri. Pabrik yang dibangun megah itu sampai sekarang belum serah terima dari Pemerintah Pusat ke daerah.

Demikian disampaikan, Kepala Bidang Pertambangan Dinas Bina Marga Kabupaten Rohul, Raiser dalam perbincangan dengan detikFinance, Rabu (14/12/2011).

Pabrik biodiesel ini dibangun di Kecamatan Tambusai sejak tahun 2006 lalu oleh Pemerintah Pusat lewat Kementerian ESDM. Menurut Raiser, pabrik itu pernah diuji coba setelah selesai pembangunannya.

“Pada tahun 2008, kita sudah sempat uji coba dengan bahan baku kelapa sawit. Tapi setelah uji coba itu, sampai sekarang pabrik itu tidak pernah berfungsi,” kata Raises.

Malah sampai saat ini, pemerintah pusat belum melakukan serah terima pabrik tersebut ke Pemkab Rohul. Mati surinya pabrik yang dibangun dengan dana ratusan miliar ini, salah satunya disebabkan oleh mahalnya harga bahan baku.

“Bagaimana mungkin pabrik bisa hidup,kalau nilai bahan baku lebih mahal ketimbang menjual hasilnya. Kalau pabrik ini diaktifkan siapa yang mau memberikan subsidinya,” kata Raiser.

Dengan kondisi bahan baku lebih mahal ketimbang harga jual produksi, menurut Raiser pabrik ini akan menjadi besi tua. Atau alternatif lainnya, pabrik tersebut harus dialihfungsikan ke produksi hilir lainnya.

“Kalau pabrik ini masih juga dipakai untuk mengelola CPO menjadi bahan bakar diesel, ini jelas tidak mungkin, karena persoalan harga jual yang lebih murah. Jalan satu-satunya mestinya dialihkan ke produksi hilir CPO lainnya,” kata Raiser.

Namun Pemkab Rohul sendiri tidak bisa berbuat banyak terhadap pabrik tersebut, karena pada dasarnya pembangunan ini dilakukan pemerintah pusat.

“Kita tidak bisa berbuat banyak atas pabrik tersebut, karena secara hukum itu bukan milik kita. Sampai sekarang pabrik itu belum ada serah terima ke kita,” kata Rasier.

Sumber: detikcom

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: