adro BERAKUI$I$I lage … 131011


PT Alam Tri Abadi, anak perusahaan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) telah membeli 35% saham PT Servo Meda Sejahtera (SMS) senilai Rp200 miliar milik PT Servo Infrastruktur.

Menurut Direktur Utama Adaro Energy Boy Giribaldi Thohir transaksi ini bukan merupakan material maupun benturan kepentingan. Transaksi ini dilakukan untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro dalam bidang batu bara di Sumatera Selatan.

“Investasi kami di SMS merupakan bagian dari strategi untuk mengulangi kesuksesan bisnis modal Adaro Indonesia di Kalimantan, seiring dengan langkah perusahaan untuk mengakuisisi dan mengembangkan aset tambang batu bara di Sumsel,” ujar Giribaldi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/10).

Ia menambahkan transaksi ini membawa perusahaan selangkah lebih dekat untuk memiliki dan mengendalikan rantai pasikan batubara yang terintegrasi secara verikal di Sumatera Selatan.

“Tujuannya untuk memberikan nilai tambah jangka panjang yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia, mewujudkan Adaro Energi yang lebih besar dan lebih baik, serta pencapaian visi untuk menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi terkemuka di Indonesia,” imbuhnya.

SMS menyediakan pelayanan logistik batu bara yang terintegrasi di Sumsel. Melalui anak usahanya, SMS memiliki jalan khusus batubara di Sumsel yang memberikan layanan pengangkutan batu bara.

Melalui anak perusahaan inilah, SMS memiliki pelabuhan khusus untuk pengangkutan batubara di pantai sebelah timur Sumatera Selatan yang memberikan layanan pemuatan batu bara ke atas kapal.

Pada semester I-2011, Adaro mengumpulkan laba bersih mencapai US$268 juta yang mengalami peningkatan kurang lebih 103,8% dari periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar US%132 juta. Kenaikan ini dipacu oleh kenaikan volume produksi dan harga jual rata-rata batubara.

Harga jual rata-rata naik sebesar 23 persen akibat dari kenaikan harga batu bara thermal. Volume produksi dan penjualan untuk semester-I 2011 masing-masing meningkat 5,5% dan 10% menjadi 22,81 juta ton dan 24,02 juta ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

http://www.imq21.com/news/read/43236/20111013/070446/Adaro-Beli-35-Saham-Beli-Servo.html

Sumber : IMQ JAKARTA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: