adaro ROGOH kocek, lage … 240811


Adaro Akuisisi Mustika Indah Permai USD222,5 Juta
Widi Agustian – Okezone
Selasa, 23 Agustus 2011 17:50 wib
okezone

JAKARTA – PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui anak usahanya, PT Alam Tri Abadi telah menandatangani perjanjian jual beli saham untuk mengakuisisi 75 persen kepemilikan di PT Mustika Indah Permai (MIP) dari Elite Rich Investment Limited senilai USD222,5 juta.

MIP merupakan perusahaan pertambangan batu bara yang tengah mengembangkan proyek batu bara greenfield di Sumatera Selatan. MIP merupakan pemegang IUP selama 20 tahun yang berlaku sejak April 2010. Proyek pertambangan batu bara MIP memiliki luas area 2.000 hektare (ha).

“Investasi kami di MIP merupakan bagian dari upaya kami untuk menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia dan pencapaian visi kami untuk menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka,” kata Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir dalam laporannya di keterbukaan informasi di BEI, Jakarta, Selasa (23/8/2011).

MIP merupakan salah satu dari beberapa peluang akuisisi, sejalan dengan pertumbuhan secara organik, akan memungkinkan Adaro Energy untuk mencapai kapasitas produksi 80 juta ton dalam jangka menengah.

Para penasihat dan tenaga ahli Adaro Energy mengunjungi lokasi proyek pada November 2010 dan kemudian melakukan program geologi dan pengeboran. Setelah proses tersebut dan studi menyeluruh lainnya dilakukan, Adaro Energy memutuskan untuk mengakuisisi kepemilikan mayoritas di MIP.

Adaro Energy telah melakukan evaluasi atas informasi geologi yang tersedia untuk MIP dan berpendapat bahwa MIP memiliki potensi pertambangan batu bara terbuka yang signifikan.

Geologi batu bara yang dimiliki oleh MIP cukup seragam. Struktur, ketebalan, serta kualitas lapisan batu baranya dianggap cukup baik yang ditunjukkan oleh densitas lubang bor, hal ini meyakinkan AE untuk melanjutkan pembelian area batu bara yang potensial ini. Meskipun sejumlah pekerjaan teknis masih perlu dilakukan sebelum pernyataan resmi mengenai jumlah sumber daya dan cadangan batu bara dapat dibuat.

Marston, sebuah konsultan pertambangan internasional telah melakukan studi rekayasa atas potensi batu bara yang menjadi dasar valuasi untuk proyek ini. Adaro Energy juga telah membuat sejumlah lubang bor sebagai bagian dari due diligence untuk memastikan ketebalan struktur dan kualitas dari lapisan batu bara yang memiliki potensi untuk ditambang sebelum menyelesaikan pembelian.

Pengeboran tambahan dan analisis batu bara yang dibutuhkan untuk memenuhi standar JORC direncanakan akan dilakukan dalam dua bulan mendatang, setelahnya pernyataan mengenai cadangan dan sumber daya sesuai dengan JORC akan diterbitkan.
(ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: