minyaaa($97)aak … 130711


Harga Minyak Naik karena Kekhawatiran Eropa Berkurang
Rabu, 13 Juli 2011 | 4:10
investor daily

NEW YORK- Harga minyak dunia naik pada Selasa waktu setempat, “rebound” dari sebuah penjualan pada awal perdagangan karena kekhawatiran krisis utang Eropa berkurang dan pedagang minyak mengambil petunjuk mereka dari pasar saham yang meningkat.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Agustus, naik US$2,28 menjadi ditutup pada US$ 97,43 per barel, membuat pantulan kuat setelah turun ke serendah US$93,55 pada awal perdagangan.

Di London, pada IntercontinentalExchange, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Agustus naik 51 sen menjadi ditutup pada US$117,75 per barel.

Harga minyak awalnya jatuh karena kekhawatiran bahwa krisis utang Eropa menyebar ke Italia, ekonomi terbesar ketiga zona euro, mengancam gejolak keuangan yang lebih luas yang dapat menurunkan permintaan energi Eropa.

Tapi mereka rebound karena rumor pasar bahwa Bank Sentral Eropa membeli obligasi-obligasi pemerintah Eropa yang tertekan, kata Bart Melek, seorang analis TD Securities.

“Kami pergi dari yang mengerikan ke oke. Banyak penjualan sebelumnya hari ini karena isu ini berpotensi menjadi masalah di pasar obligasi Italia,” kata Melek.

Imbal hasil utang pemerintah Italia dan Spanyol telah melonjak dalam beberapa hari terakhir, mengguncang kepercayaan keuangan zona euro.

Harga minyak juga melonjak segera setelah Federal Reserve AS merilis risalah yang menunjukkan bahwa pihaknya hanya merencanakan pelonggaran bertahap dari kebijakan moneter ultra-longgar.

Peningkatan lain datang setelah perkiraan pertumbuhan permintaan untuk minyak OPEC stabil tahun berikutnya.

Permintaan minyak tahun ini akan menjadi 88,18 juta barel per hari, naik ke 89,50 juta barel pada 2012, kata OPEC.

Tapi kartel ekspor minyak berkomentar: “Sebuah ekonomi dunia yang goyah berpengaruh negatif terhadap pasar minyak dan menimbulkan berbagai ketidakpastian yang tinggi untuk jangka pendek.” (ant/hrb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: