energi terbarukan: OMDO (4) … 030611


Jumat, 03/06/2011 17:54 WIB
1 Dari 10 Orang RI Tak Mengerti Energi Terbarukan
Akhmad Nurismarsyah – detikFinance

menurut wikipedia:
Renewable energy is energy which comes from natural resources such as sunlight, wind, rain, tides, and geothermal heat, which are renewable (naturally replenished). In 2008, about 19% of global final energy consumption came from renewables, with 13% coming from traditional biomass, which is mainly used for heating, and 3.2% from hydroelectricity.[1] New renewables (small hydro, modern biomass, wind, solar, geothermal, and biofuels) accounted for another 2.7% and are growing very rapidly.[1] The share of renewables in electricity generation is around 18%, with 15% of global electricity coming from hydroelectricity and 3% from new renewables.[1][2]

Jakarta – Meskipun Indonesia memiliki banyak sekali potensi pada energi terbarukan, ternyata masyarakatnya justru sedikit yang memahami energi terbarukan. Tidak sampai 1 dari 10 orang yang dapat mengidentifikasi dengan akurat sumber daya alam terbarukan tanpa dibantu.

Hal ini disampaikan berdasarkan hasil survei dari GE Energy yang diterima detikFinance melalui siaran persnya, Jakarta, Jumat (3/6/2011).

Menurut survei tersebut, hanya sebanyak 1% responden yang dapat mengidentifikasi energi panas bumi sebagai energi terbarukan. Padahal Indonesia memiliki poteni yang sangat besar di dunia untuk panas bumi (geothermal).

Selanjutnya, masih ada 1 dari 5 orang yang membuat kesalahan dengan menyebutkan minyak/bensin/diesel sebagai suatu bentuk energi terbarukan. Beberapa yang lain juga membuat kesalahan serupa saat mengidentifikasi gas alam, batubara, dan nuklir sebagai sumber energi yang sifatnya terbatas.

Sedangkan di antara responden yang dapat dengan akurat menyebutkan sumber energi terbarukan, contoh terbanyaknya adalah tenaga surya yang disebut oleh 1 dari 4 orang, dan diikuti dengan tenaga arus air (hidro) serta angin.

“Hal positifnya adalah: saat contoh-contoh sumber energi terbarukan ditunjukkan kepada responden, serta manfaatnya yang tidak terbatas dijelaskan, 9 dari 10 orang menyatakan bahwa energi terbarukan mutlak diperlukan jika kita peduli terhadap lingkungan,” tanggap Widhyawan Prawiraatmadja, selaku Country Executive dari GE Energy Indonesia.

Dirinya percaya, hal tersebut mengisyaratkan masyarakat Indonesia pada dasarnya sangat peduli terhadap lingkungan, dan mendukung rencana peningkatan kelestarian lingkungan. Apalagi jika rencana tersebut berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya energi, sekaligus sebagai konsumen energi terbesar di kawasan ASEAN, dengan permintaan akan energi yang diproyeksikan meningkat 7% per tahunnya selama 10 tahun ke depan.

“Kecuali di sektor minyak, Indonesia telah dapat mencukupi diri sendiri dalam soal suplai energi. Tapi, kondisi ini bergantung kepada sumber energi yang tak terbarukan, dengan bahan bakar fosil sebesar hampir 70% dari total energi primer, dan 84% dari total bahan bakar pembangkit listrik. Peningkatan penggunaan energi terbarukan akan bertambah krusial jika Indonesia bertekad untuk melestarikan sumber daya alamnya untuk generasi yang akan datang,” terangnya.

Dirinya juga menegaskan pentingnya mengakses adangan gas metana di lapisan batubara (Coal Bed Methane/CBM). Cadangan CBM Indonesia diperkirakan hampir tiga kali lipat cadangan gas alam dan itu bisa digunakan untuk usaha elektrifikasi.

“CBM tak hanya lebih murah dari diesel, namun juga menggunakan teknologi pembakaran yang lebih bersih untuk kepentingan pembangkitan listrik. Penggantian diesel dengan CBM akan meningkatkan kualitas udara kita, yang pada akhirnya akan memberi manfaat bagi setiap warga Indonesia,” ungkap Widhyawan.

(nrs/dnl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: