energi terbarukan: ADRO akhirnya MENdengarKen … 010611


Proyek Biodiesel Adaro Diresmikan
Selasa, 31 Mei 2011 | 20:16

TANJUNG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh meresmikan proyek percontohan biodiesel PT Adaro Indonesia di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa.

Proyek percontohan biodiesel ini merupakan kerja sama PT Adaro Indonesia dengan Komatsu dan United Tractors dengan memanfaatkan tanaman jarak atau “jatropha” di areal reklamasi PT Adaro.

Darmin mengatakan, pengembangan bioenergi seperti biodiesel yang dilakukan Adaro merupakan sumbangsih konkret dalam mendiversifikasi energi sekaligus meringankan beban pada penggunaan bahan bakar minyak yang berasal dari fosil seperti solar.

“Apalagi kebutuhan solar di PT Adaro mencapai dua juta kiloliter per tahun atau sekitar seperenam dari kebutuhan solar nasional sehingga perlu upaya untuk mengurangi ketergantungan pada energi yang berasal dari fosil,” katanya.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Boy Garibaldi Thohir menyatakan proyek biodiesel ini diharapkan bisa memberi manfaat ekonomi dengan mengembangkan tanaman jarak di areal reklamasi maupun lahan milik masyarakat.

“Tanaman jarak sebagai bahan baku biodiesel dapat tumbuh di areal reklamasi maupun lahan yang kurang subur. Karena itu, ke depan diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar tambang Adaro,” katanya.

Selain itu, pemanfaatan biodiesel akan mengurangi emisi gas uap serta menghemat pemakaian sumber daya alam.

Kunio Noji dari PT Komatsu bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori mengatakan PT Adaro Indonesia merupakan perusahaan pertama yang membangun percontohan pembuatan energi biodiesel.

Direktur Departemen Pengembangan Bisnis PT Komatsu Indonesia Chikaya Sakai menyebutkan proyek percontohan biodiesel di areal Adaro akan dilaksanakan selama satu tahun dengan lahan uji coba seluas 50 hektare.

“Untuk uji coba biodiesel ini kita baru mengembangkan 50 hektare lahan reklamasi untuk tanaman jarak dan Adaro merupakan proyek percontohan pertama di Indonesia untuk biodiesel,” katanya. (tk/ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: