minyaaa(minus gdP)aak … 300511


Goldman Menurunkan Prospek Pertumbuhan Global Terkait Tekanan Harga Minyak

Written by Adi Sucipto Pattiran

Goldman Sachs menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini dan mengangkat ekspektasi inflasi, dengan mengatakan kendala dari harga minyak tinggi lebih ketat daripada yang diharapkan pada awal tahun.

Goldman memperkirakan dalam catatan hari Rabu pada bruto produk domestik global tumbuh 4,3 persen pada tahun 2011, turun dari perkiraan awal yang sebesar 4,8 persen. Mereka juga menurunkan proyeksi 2012 menjadi 4,7 persen dari 4,9 persen.

Goldman memangkas proyeksi pertumbuhan untuk wilayah utama termasuk Amerika Serikat, yang dipangkas menjadi 2,6 persen tahun ini dari 3,1 persen.

Inflasi global sekarang terlihat pada 4,3 persen pada tahun 2011 dari perkiraan sebelumnya sebesar 3,5 persen, dan 2012 direvisi hingga 3,2 persen dari 3,1 persen. Goldman melihat minyak mentah Brent di $ 140 per barrel pada akhir 2012.

“Mengingat bahwa perubahan dalam pandangan harga minyak memiliki sebuah ‘guncangan penawaran’, hasil keseluruhan adalah pertumbuhan kurang dan inflasi lebih,” kata Goldman.

Meskipun demikian, mereka tidak mengharapkan penurunan yang berkelanjutan dalam pertumbuhan dan mengatakan kebijakan moneter AS harus tetap akomodatif.

Perkiraan baru mengikuti komentar oleh para pembuat kebijakan di Amerika Serikat dan di tempat lain bahwa harga minyak yang tinggi mengancam untuk memperlambat pertumbuhan global.

Goldman mengatakan bahwa efek dari gempa bumi dan tsunami Jepang juga menambah tekanan, meskipun sebagian besar di Jepang sendiri. PDB untuk Jepang pada tahun 2011 terlihat di minus 0,8 persen dari 0,7 persen.

Lonjakan harga komoditas belakangan ini telah membuat kerja bank-bank sentral seperti berjalan ditempat ketika mereka mencoba untuk menangkal inflasi sambil tetap mendorong pertumbuhan ekonomi.

Goldman Sachs memangkas target akhir tahun untuk S & P 500 untuk 1.450 dari 1.500, mengutip kekhawatiran margin.

Goldman masih mengharapkan Fed untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol sampai akhir tahun depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: