adro dirumor-positifin … 100511


Revenue ADRO Bisa Naik 200%

Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Senin, 9 Mei 2011 | 02:41 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Laju saham ADRO, Senin (9/5) diprediksi menguat. Pasalnya, revenue emiten ini diperkirakan naik 200% untuk full year 2011 seiring perjanjian kontrak penjualan batu bara ke China. Strong Buy!

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya mengatakan, potensi penguatan saham PT Adaro Energy (ADRO) awal pekan ini terutama karena ekspektasi peningkatan revenue emiten sebesar 200% untuk full year 2011. Hal itu setelah mempertimbangkan, penandatanganan kontrak baru batu bara untuk dua tahun ke depan dengan Shanxi Coal Import & Export Group Co, Ltd (SCIEG).

Menurutnya, perusahaan asal China itu akan mengimpor batu bara dari ADRO sebesar 100 juta metrik ton. Selain itu, krisis suplai batu bara China juga turut memperkuat demand batu bara domestik. “Saya rekomendasikan, strong buy ADRO,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Jumat (6/5), saham ADRO ditutup melemah Rp25 (1,07%) ke level Rp2.300 dari sebelumnya Rp2.325. Harga intraday tertingginya mencapai Rp2.350 dan terendah Rp2.275. Volume transaksi mencapai 89,1 juta unit saham senilai Rp206,3 miliar dan frekuensi 3.358 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah melemah Rp25, bagaimana Anda memperkirakan, laju saham ADRO awal pekan ini?

Berpotensi menguat. Salah satunya, karena adanya rumor bahwa emiten ini menandatangani kontrak baru batu bara untuk dua tahun ke depan dengan Shanxi Coal Import & Export Group Co, Ltd (SCIEG).

Perusahaan asal China itu akan mengimpor batu bara dari ADRO sebesar 100 juta metrik ton. Karena itu, saya yakin, akan terjadi pembelian besar-besaran pekan ini di saham ADRO.

Meskipun baru sebatas rumor?

Meski rumor, ini tetap menandakan adanya investor yang berminat di saham ini. Terlepas dari faktor demand batu bara dari China pun, dilihat dari pola teknikalnya, ADRO cenderung menguat. ADRO akan mengarah ke level resistance Rp2.375 dan Rp2.275-2.225 sebagai level support-nya.

Selain faktor rumor, adakah faktor faktor lain yang juga mendukung penguatan ADRO?

Masih dari China yakni soal krisis suplai batu bara di negara itu. Kondisi itu, memicu melonjaknya permintaan batu bara ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Semua itu, saya perkirakan akan memicu peningkatan revenue ADRO sebesar 200% untuk full year 2011.

Sebab, besarnya defisit batu bara di China, memaksa negeri Tirai Bambu itu membuat kontrak-kontrak panjang dengan emiten-emiten batu bara di Indonesia seperti ADRO. China mencari tempat-tempat stok batu bara yang bisa melakukan penjualan lebih besar seperti Indonesia.

Perusahaan finansial global, UBS AG sebelumnya menyatakan, China kemungkinan besar akan menaikkan permintaan sumber bahan bakar batu bara sebesar 1 juta metrik ton untuk kebutuhan sepekan. Sebab, manufaktur China tumbuh di luar estimasi dan 70% industri di negeri itu bergantung pada pasokan listrik yang menggunakan energi batubara. Kondisi itu, otomatis memaksa produsen batu bara dalam negeri lebih produktif untuk dijual ke China.

Bagaimana dengan koreksi harga minyak ke level US$98 per barel?

Memang, bursa saham dikagetkan oleh penurunan harga minyak mentah dunia sebesar 14% dari level US$114 per barel ke level US$98 per barel. Kondisi itu memicu sentiment positif sekaligus negatif.

Di satu sisi, pelemahan harga komoditas menyebabkan terjaganya inflasi Mei ini. Di sisi lain, harga batu bara cenderung turun sehingga bisa jadi tekanan bagi saham-saham di sektor ini. Tapi, karena besarnya demand batu bara dari China, meski harga minyak mentah dunia turun, saham-saham di sektor batu bara justru berpotensi menguat.

Lantas, apa rekomendasi Anda?

Saya rekomendasikan, strong buy ADRO. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: