minyaaa($97)aak … 070511


Harga Minyak Anjlok Menjadi US$97,18
Oleh Antara
Published On: 07 May 2011
NEW YORK: Harga minyak dunia melanjutkan penurunan pada akhir perdagangan di New York, sehingga harga patokan West Texas Intermediate turun lebih dari 15% dari level tertinggi dalam 20 bulan terakhir.
Setelah harga minyak terjun pada 5 Mei 2011, harga minyak mencoba kembali naik pada Jumat pagi, tetapi justru berakhir pada level yang lebih rendah pada penutupan perdagangan.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) atau light sweet untuk pengiriman Juni kehilangan US$2,62 menjadi US$97,18 per barel.

Di London, minyak mentah brent north sea untuk pengiriman Juni berakhir pada US$109,70, turun dari US$110,80 pada 5 Mei. Kontrak WTI kehilangan 15,4% dari puncak pada 2 Mei mendekati US$115.

Adapun, dolar melanjutkan pemulihan terhadap euro, tetapi hal itu tampak tidak berdampak terhadap pergerakan harga minyak mentah. Kondisi itu bertentangan dengan meroketnya harga minyak yang paralel dengan jatuhnya dolar selama 2 bulan terakhir.

Data penciptaan lapangan pekerjaan sektor nonpertanian dari Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis kemarin menunjukkan level penyerapan tenaga kerja yang lebih kuat dari perkiraan. Meski demikian, tingkat pengangguran secara keseluruhan naik menjadi 9%.

“Penyerapan tenaga kerja nonpertanian lebih baik dari perkiraan, tetapi tingkat pengangguran secara umum naik, hal itu jelas bukan hal yang baik,” kata Matt Smith dari Summit Energy.

Harga minyak mentah berjangka juga turun tajam sebagai respons atas penurunan data ekonomi China dan ketakutan terhadap krisis utang zona euro, menyusul dana talangan untuk Portugal yang hampir roboh oleh utang. (spr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: