brau RAIH duit china … 070511


TAMBANG, 06 Mei 2011 | 18.41
Berau Coal Teken Kontrak Baru Dengan Dua Perusahaan Cina

Saifudin
saifudin@majalahtambang.com

Jakarta – TAMBANG. Bob Kamandanu, Komisaris PT Berau Coal mengatakan, pihaknya baru saja menandatangani penjualan batubara dengan dua perusahaan asal Guangdong, Cina, yakni Huaneng Power dan Zhusui. Ke masing-masing perusahaan itu Berau Coal akan memasok 1,5 juta ton batubara per tahun, dengan jangka waktu kontrak 5 tahun untuk Huaneng, dan tiga tahun untuk Zhusui.

Hal itu disampaikan Bob usai mengikuti pelantikan Pejabat Eselon I Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat, 6 Mei 2011.

“Baru-baru ini kami melakukan kontrak dengan Huaneng Power sebanyak 1,5 juta (ton/tahun) untuk 5 tahun. Selain itu juga dengan Zhusui sebanyak 1,5 juta (ton/tahun) untuk 3 tahun,” ucapnya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kedua kontrak tersebut berlaku sejak tahun ini.

Bob menambahkan, batubara yang dibeli kedua perusahaan Cina tersebut, sama-sama digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi Provinsi Guangdong. Untuk harga pembelian dari kontrak itu sendiri, ia enggan merinci.

Bob pun hanya menjelaskan harga batubara di pasaran saat ini. “Kami perkirakan sampai akhir tahun sekitar US$140 per ton. Tapi kan harga batubara itu ada adjustment tiap enam bulan,” ucapnya.

Terkait dua kontrak ini, Kamandanu menyimpulkan bahwa Cina sudah berani melakukan kerjasama jangka panjang dengan pihaknya.

“Saat ini mereka melakukan kontrak lebih dari 1 tahun, biasanya kan mereka selalu 1 tahun (kontak jangka pendek),” pungkasnya.

Berau Coal Raih 2 Kontrak dari China

Oleh: Tio Sukanto
Pasar Modal – Jumat, 6 Mei 2011 | 16:02 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) telah menandatangani dua kontrak baru ekspor batubara dari perusahaan China yaitu Huaneng Power dan Zhusui.

“Kontrak dengan Huaneng Power dengan durasi waktu 5 tahun berkapasitas 1,5 juta ton per tahun. Sedangkan, dengan Zhusui untuk jangka waktu 3 tahun dengan kapasitas 1,5 juta ton pertahun juga. Kedua kontrak mulai berlaku tahun ini,” ungkap Presdir PT Berau Coal, Bob Kamandanu yang ditemui di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jum’at (6/7).

Terkait kontrak baru tersebut dirinya menjelaskan, bahwa kontrak tersebut akan mulai efektif tahun ini juga. Rencananya ekspor batubara tersebut akan dipasok untuk provinsi Guangdhong, China. “Biasanya kontrak dengan China selalu di bawah satu tahun, tapi untuk sekarang ini sudah banyak yang lebih dari satu tahun,” ujar Kamandanu.

Namun begitu, dia tidak menyebutkan lebih rinci kisaran harga jual batubara untuk kedua kontrak tersebut. “Harga tidak berbeda dengan tahun lalu, tapi perkiraan kami harga batubara akan kembali menguat. Sampai saat akhir tahun saja sekitar US$ 140 per ton, tapi kan harga batubara itu ada adjustment tiap enam bulan,” tukas dia. [hid]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: