minyaaa($114)aak … 010511


Harga Minyak Tembus US$114 di New York
Sabtu, 30 April 2011 | 5:06

investor daily

NEW YORK- Harga minyak mentah menembus 114 dolar Amerika Serikat per barel di New York, Jumat waktu setempat (29/4), untuk pertama kalinya dalam 31 bulan, terangkat oleh kemerosotan dolar terus-menerus terhadap mata uang utama lainnya.

Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juni, naik lebih tinggi sepanjang sesi perdagangan mencapai US$ 114,18 per barel hanya beberapa menit sebelum pasar ditutup, puncak tertinggi sejak 22 September 2008.

Kontrak minyak mentah yang juga dikenal sebagai West Texas Intermediate (WTI) tersebut berakhir pada US$113,93 PER BAREL, atau naik US$1,07 dari penutupan Kamis.

“Dua hal yang sangat positif untuk minyak adalah dolar yang lemah dan pasar saham yang kuat, dan selama beberapa minggu terakhir kita mendapatkan keduanya,” kata Adam Sieminski dari Deutsche Bank.

Harga patokan New York naik 6,7% selama April, dan sekitar 25% sejak awal tahun.

April adalah bulan kedelapan berturut-turut dari kenaikan untuk WTI, analis Commerzbank mencatat.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni naik 87 sen menjadi US$125,89 per barel dalam perdagangan elektronik.

Pasar keuangan di London ditutup pada Jumat untuk merayakan pernikahan kerajaan dari Pangeran William dan Kate Middleton.

Inflasi yang melaju cepat di 17-negara zona euro pada Jumat meningkatkan ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB), yang pada gilirannya meningkatkan euro terhadap dolar.

“Dolar sangat lemah dan itu berhubungan antara dolar yang lebih lemah dan harga komoditas yang lebih kuat, terutama minyak, adalah sesuatu yang sangat kuat,” kata Sieminski.

Dolar yang lemah mendorong permintaan minyak yang dihargakan dalam dolar dari para pembeli yang menggunakan mata uang kuat.

Inflasi zona euro naik menjadi 2,8% pada April dari 2,7% pada Maret, menurut estimasi pertama pada Jumat dari lembaga data Eurostat Eropa.

April adalah bulan kelima berjalan di mana inflasi berada di atas target ECB 2,0%.

Inflasi, yang didorong oleh lonjakan harga energi dan komoditas, mendorong ECB untuk mengangkat suku bunga acuannya bulan ini menjadi 1,25%, kenaikan pertama dalam hampir 3 tahun.(ant/hrb)

Sabtu, 30 April 2011 | 08:01 oleh Barratut Taqiyyah, Bloomberg
HARGA MINYAK
Harga emas hitam diramal masih akan terus menanjak seiring keoknya dollar
kontan

NEW YORK. Kontrak harga minyak dunia diprediksi akan terus menanjak. Sekitar 21 dari 35 analis atau 60% analis memprediksi, harga minyak akan naik hingga 6 Mei mendatang. Sedangkan sembilan analis atau 26% lainnya memprediksi harga emas akan turun. Lima analis meramal harga emas tak akan banyak mengalami perubahan.

Prediksi harga minyak dilatarbelakangi oleh posisi dollar kian melemah setelah the Federal Reserve mengatakan pertumbuhan ekonomi yang moderat membuat suku bunga akan ditahan pada rekor rendah. Melorotnya posisi dollar mendongkrak permintaan komoditas sebagai investasi alternatif.

“Posisi dollar tertekan akibat pernyataan the Fed. Sepertinya, jika dollar terus melemah, maka harga komoditas seperti minyak dan emas akan terus terdongkrak,” papar John Kilduff, partner Again Capital LLC di New York.

Kontrak harga minyak di New York Mercantile Exchange untuk pengantaran Juni naik US$ 1,65 atau 1,5% menjadi US$ 113,93 per barel pada minggu ini. Ini merupakan level tertinggi sejak 22 September lalu.

Jika dilihat, harga minyak sudah naik 25% di New York tahun ini. Pemicu utamanya adalah ketegangan politik disertai kekerasan yang menjalar di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Catatan saja, the Dollar Index turun 0,1% menjadi 73,044 pada pukul 17.00 waktu New York, setelah sebelumnya turun 0,4% menjadi 72,834, level terendah sejak Juli 2008.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: