believe it or not: ADRO … 150411


Potential Upside ADRO 20%

Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Jumat, 15 April 2011 | 04:03 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Laju saham ADRO, Jumat (15/4) diprediksi turun. Tapi, secara teknikal, emiten ini sangat menarik karena sudah berada di area support dan starting bullish. Target Rp2.700 akhir 2011.

Pengamat pasar modal Irwan Ariston Napitupulu mengatakan, potensi pelemahan saham PT Adaro Energy (ADRO) akhir pekan karena faktor situasi market. Tapi, secara teknikal dan fundamental, emiten ini sangat atraktif.

Dari sisi teknikal menurutnya, emiten ini berada di area support dan sudah starting bullish. Secara fundamental pun diuntungkan oleh kenaikan harga batu bara. “Bagi investor jangka panjang, hold saja tidak masalah hingga 7-8 bulan. Sebab, besar kemungkinan ADRO akan mencapai Rp2.600-2.700 di akhir 2011 atau upside hingga 20%,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan kemarin, saham ADRO ditutup melemah Rp25 (1,09%) ke level Rp2.250 dibandingkan sebelumnya di level Rp2.275. Harga intraday tertingginya Rp2.300 dan terendah Rp2.250. Volume transaksi mencapai 57,2 juta unit saham senilai Rp130,08 miliar dan frekuensi 1.056 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah melemah ke level Rp2.250, bagaimana Anda memperkirakan laju saham ADRO akhir pekan ini?

Saya masih melihat potensi pelemahan di saham PT Adaro Energy. Salah satunya karena faktor tidak kondusifnya situasi market. Market cenderung koreksi sehingga saham-saham pertambangan tertekan termasuk ADRO.

Apalagi, harga minyak mentah dunia sedang mengalami koreksi ke level US$106,06 per barel . Hari ini juga merupakan akhir pekan sehingga rawan profit taking. Karena itu, belum akan ada kenaikan berarti di saham ADRO.

Akan bergerak di kisaran berapa?

ADRO akan bergerak dalam kisaran support Rp2.225-2.200 dan Rp2.300-2.350 sebagai level resistance-nya. Tapi, secara teknikal, saham ADRO cukup menarik karena sudah mendekati level supportnya. Dari sisi ini, ADRO sudah starting bullish. Sebab, pelemahan Senin (11/4) dan Selasa (12/4) cukup dalam. Karena itu, sekarang tinggal naik karena sudah berada di area support.

Faktor lain yang bisa memacu kenaikan ADRO di masa depan?

Ada yaitu faktor tren kenaikan harga minyak mentah dunia yang saat ini sedang mengalami koreksi sementara. Setelah harga minyak mencapai level support-nya akan kembali reversal (balik arah) menguat. Harga batu bara pun naik sehingga tren saham-saham di sektor ini masih naik. Harga batu bara sendiri saat ini sangat positif karena berada di level kuat US$123 per metrik ton.

Hingga level berapa potensi kenaikan harga batu bara?

Saya perkirakan, hingga Juni-Juli komoditas batu bara sebagai substitusi minyak ini berpeluang menguat ke level US$140-150 per metrik ton. Sebab, harga minyak berpeluang bergerak dalam kisaran US$115-120 per barel.

Emiten batu bara seperti ADRO bermain di volume dan harga jual batu bara. Karena itu, emiten yang bisa meningkatkan kapasitas produksinya dan melakukan kontrak di harga yang tinggi, profitnya cenderung meningkat. Rata-rata laba emiten batu bara tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu karena harga batu bara yang tinggi.

Bagaimana dengan dividen?

Terkait ADRO yang akan membagikan dividen, tidak akan berpengaruh banyak pada pergerakan sahamnya. Sebab, dividennya tidak terlampau besar sehingga tidak akan menjadi penggerak sahamnya.

Lantas apa rekomendasi Anda?

Saya rekomendasikan beli saham ADRO di level Rp2.225-2.200 dan hold bagi yang sudah memilikinya. Jika naik, target terdekatnya di resistance Rp2.350. Tapi, karena hari ini Jumat, level itu susah dicapai paling-paling di level Rp2.300. Investor bisa menunggu hingga pekan depan. Sedangkan level cut loss di Rp2.150. Pada saat saham ADRO koreksi, merupakan momentum tepat untuk masuk karena akan mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak.

Anda punya target harga di saham ADRO?

Jika investor sedikit bersabar dengan memegang saham ini agak panjang, ADRO berpeluang menguat ke level Rp2.400 hingga akhir April ini. Tapi, bagi investor jangka panjang, hold saja tidak masalah hingga 7-8 bulan. Sebab, besar kemungkinan saham ADRO akan mencapai Rp2.600-2.700 di akhir 2011 atau upside hingga 20%. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: