energi terbarukan : OMDO (II)… 130411


Rabu, 13/04/2011 07:17 WIB
Waspada! Cadangan Minyak RI Hanya Cukup untuk 23 Tahun
Wahyu Daniel – detikFinance

Jakarta – Pemerintah menyatakan cadangan minyak Indonesia saat ini hanya bertahan untuk 23 tahun ke depan. Masyarakat pun diminta menghemat konsumsi BBM.

“Pemerintah mengajak masyarakat untuk meningkatkan efisiensi pnggunaan bahan bakar minyak agar lebih produktif,” kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh kepada detikFinance, Rabu (13/4/2011).

Selain meminta masyarakat berhemat, pemerintah juga akan terus mencari cadangan minyak baru untuk memperkuat cadangan yang telah ada.

“Pemerintah akan terus meningkatkan eksplorasi agar cadangan terbukti dapat terus bertambah, sehingga 23 tahun itu masih dapat meningkat,” tambah Darwin.

Selain minyak, saat ini cadangan gas bumi Indonesia hanya bertahan untuk 63 tahun, sementara cadangan batubara untuk 77 tahun.

Darwin mengungkapkan, saat ini waktunya untuk tidak terlalu menggantungkan diri pada energi fosil seperti minyak, gas, dan batubara.

Saat ini pemerintah memang tengah mengembangkan program energi terbarukan untuk menghemat penggunaan energi fosil. Seperti panas bumi yang dikembangkan untuk pembangkit listrik, sehingga tak menggunakan BBM lagi.

Pemerintah pun masih kesulitan meningkatkan cadangan minyak, karena sampai sekarang produksi minyak Indonesia masih melempem dan tak kunjung mencapai target tahun ini sebesar 970 ribu barel per hari.

(dnl/qom)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: