energi terbarukan: OMD0 … 100411


Dirut PLN : Saya Ingin Pulau Dengan Listrik Sebagai Bahan Bakar
Sabtu, 9 April 2011 – 17:35 wib
Muhammad Rifai – Okezone

JAKARTA – Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Dahlan Iskhan mengatakan akan membentuk suatu pulau dengan kesemua kendaraan menggunakan tenaga listrik.

Menurut Dahlan, saat ini kendaraan tersebut sedang diuji coba. Dia mempunyai mimpi jika uji coba ini berhasil maka dirinya akan menerapkan kendaraan tersebut pada suatu pulau.

“Sekarang masih uji coba, (nanti) kita mau cari satu pulau yang 100 persen kendaraannya listrik,” ujar Dahlan kala ditemui di kantor PLN Pusat, Jakarta, Jumat, (8/4/2011).

Hal ini terlitas di benak Dahlan karena adanya potensi kenaikan minyak dunia yang mengakibatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin mahal. Akan tetapi, lanjut dia, berbeda dengan BBM yang semakin menurun, dengan semakin berkembangnya infrastruktur maka pasokan listrik akan semakin membaik.

Karenannya dia menilai jika listrik bisa menjadi alternatif bahan bakar kedepannya. “Alangkah baik jika kendaraan di jalan jadi kendaraan listrik, sehingga keperluan BBM bisa dikendalikan,” ujarnya.

Namun ketika ditanyakan pulau mana yang nantinya akan ditunjuk, dia mengatakan masih belum mengetahui. “Belum tahu, kita lagi pilih agar seluruhnya pulau mau menggunakan motor listrik,” katanya.

Adapun negara yang saat ini telah menerapkan energi listrik adalah kendaraan buatan China. Karenannya jika uji coba ini berhasil, pihaknya akan memikirkan kerjasama antara China atau pihak lokal yang telah menemukan tekhnik ini, “Nanti kita lihat harganya, mana yang lebih murah,” jelasnya.

Dahlan menjelaskan, dari kajiannya bersama para analis PLN, kendaraan listrik akan menjadi tren di masa depan. “kalau tidak mulai dari sekarang nanti kita bisa ketinggalan,” tutup Dahlan.(ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: