brau pindah tangan ke vallar … 080411


Ada Apa di Balik ‘Net Foreign Buy’ IHSG Rp14,5 T?
Headline
inilah.com
Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Jumat, 8 April 2011 | 14:50 WIB

INILAH.COM, Jakarta – IHSG sesi pertama termasuk pasar negosiasi, berhasil mencatat net foreign buy Rp14,5 triliun. Namun, pasar regular pun terimbas positif karena ada faktor lain yang turut memperkuat market.

Analis Sekuritas Ekokapital Cece Ridwanullah mengatakan, net foreign buy sebesar Rp14,5 triliun dicapai dengan memfaktorkan transaksi di pasar negosiasi yang disebut crossing (transaksi tutup sendiri). Hal itu terjadi di saham PT Berau Coal Energy (BRAU).

Menurutnya, kondisi itu menjadi sentimen positif bagi saham BRAU. Sebab, saham batu bara ini dibeli Vallar Plc melalui pasar negosiasi. “Tapi, saham ini masih berposisi di level Rp550-Rp570,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (8/4). Pada pukul 13.55 WIB, saham BRAU ditransaksikan stagnan di level Rp560.

Untuk itu, Cece menyarankan investor memainkannya pada saat transaksi diiringi volume yang besar di pasar reguler, bukan negosiasi. Rekomendasi buy on weakness di level Rp530-540 per saham. Bahkan, di level Rp550 pun bisa membelinya karena sudah cukup rendah. “Saya tidak melihat potensi pelemahan di saham BRAU. Bisa main shift,” timpalnya.

Seperti disampaikan manajemen dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (7/4), anak usaha PT Berau Coal Energy yaitu PT Bukit Mutiara akan melakukan transaksi jual saham ke Vallar Plc melalui pasar negosiasi sejumlah 26,17 miliar saham.

Harga saham yang dijual senilai Rp540 per saham. Nilai transaksi sebesar Rp14,13 triliun.Transaksi akan dilakukan pada 8 April 2011 ini. Manajemen menunjuk PT Recapital Securities sebagai broker jual dan broker beli yang ditunjuk PT JP Morgan Securities Indonesia.

Lebih jauh Cece mengatakan, selain faktor BRAU, market juga didukung saham-saham lain yang berfundamental baik dan situasi regional yang cukup positif. “Tapi, asing pun hingga kemarin masih mencatatkan transaksi di atas Rp200 miliar. Ini menandakan, IHSG sedang dalam posisi up trend,” tandasnya.

Karena itu, saham-saham yang berfundamental positif, tetapi belum mengalami kenaikan berarti akhir pekan ini akan berlanjut menguat hingga pekan depan.

Pada saat yang sama, dengan kenaikan harga minyak mentah dunia ke atas US$110 per barel, juga memicu peningkatan harga di saham-saham sektor batu bara. Kondisi itu, berbarengan dengan penguatan saham-saham bluechips di perbankan.

Oleh karena itu, lanjut Cece, transaksi hari ini sangat ramai. Tapi, Cece tidak yakin, ramainya transaksi semata-mata dipicu oleh penjualan saham BRAU di pasar negosiasi. Menurutnya, market hari ini juga di-trigger oleh fundamental makro ekonomi RI seperti stabilnya penguatan rupiah ke level 8.753 per dolar AS.

Dalam situasi ini, saham-saham pilihannya adalah PT Indo Tambangraya Megah (ITMG), PT Perusahaan Tambang Bukit Asam (PTBA), PT United Tractors (UNTR), PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BORN) dan PT Krakatau Steel (KRAS).

Lalu, Selasa (12/4) BI rate bakal diumumkan sehingga jadi sentimen positif bagi saham-saham perbankan yang bluechips dan berfundamental cukup positif.

Dia merekomendasikan PT Bank Mandiri (BMRI) di atas Rp7000, PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), PT Bank Danamon (BDMN) terkait dividen dan PT Bank Central Asia (BBCA) dan PT Bank Jabar Banten (BJBR) di atas Rp2000. “Buy on weakness saham-saham tersebut,” ucapnya.

Di sisi lain, meskipun asing melakukan net buy di saham PT Astra Internasional (ASII), hari ini saham tersebut turun. Jika ASII turun ke level Rp56.000, investor bisa melakukan aksi beli. “Investor perlu mencermati saham ini jika sudah mendekati level Rp56.000 dari level Rp57.050 saat ini,” imbuhnya. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: