energi terbarukan: bunaken + plts = BEAUTIFUL : 290311


PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan bisa menambah pasokan listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak 20 megawatt (MW) untuk program penyambungan listrik 100 pulau hingga 2014 mendatang.

“Target 2014, PLN bisa menambah hingga 20 MW untuk 100 pulau. Sedangkan untuk target jangka panjangnya, bisa menambah hingga 250 MW sampai 2019,” ungkap Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN Nasri Sebayang saat ditemui dalam acara Indo Geothermal 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (29/3/2011).

Dijelaskannya, dipilih tenaga surya untuk pembangkit listrik di 100 pulau kecil tersebut dikarenakan tidak ada alternatif energi lain. Jika seandainya pembangkit tersebut menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan menghabiskan biaya yang lebih mahal.

“Dipiih surya, karena tidak punya energi lain. Jika menggunakan BBM, biaya sangat mahal. Di sana juga tidak tersedia banyak air, angin sulit, yang ada hanya energi matahari. Jadi itu yang kita manfaatkan,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk satu pulau kecil tersebut kemungkinan butuh sekira 20-30 KW. Menurutnya, pulau-pulau kecil tersebut hanya berpenghuni sekira 50 kepala kelaurga (KK). “Satu pulau kecil mungkin butuh cuma 20-30 KW cukup. Pulau-pulau itu terpencar, jika ada 50 keluarga, mungkin kita akan buat yang kecil-kecil,” tandasnya.

Sebagai informasi, tahun ini PLN sedang menjalankan penyambungan listrik di 100 pulau. Di mana nilai investasi dari program listrik tersebut sekira Rp1 triliun. 100 pulau tersebut di antaranya adalah Bunaken, Wakatobi, Banda, Raja Ampat, dan Belawan.

http://economy.okezone.com/read/2011/03/29/320/440006/listriki-bunaken-cs-pln-targetkan-kontribusi-plts

Sumber : OKEZONE.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: