adro dan bumi TERTINGGI … 010311


Inilah 5 Saham Batu Bara dengan Return Tertinggi

Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Selasa, 1 Maret 2011 | 05:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta – Dalam periode Maret tahun lalu hingga akhir Februari 2011, terncatat 5 saham batu bara dengan return tertinggi. Inilah daftar saham-saham tersebut berikut strategi invstasinya.

Dalam hitungan Gema Merdeka Goeyardi, analis UOB Kay Hian Securities, saham PT Bayan Resources (BYAN) menjuarai return tertinggi hingga di atas 210% sejak Maret 2010 hingga 28 Februari 2011. Juara dua diduduki oleh PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) dengan retun 43%.

Disusul saham PT Bumi Resources (BUMI) dengan keuntungan pemegang saham ini hingga 40%. Lalu, PT Adaro Energy (ADRO) di angka 35% dan PT Perusahaan Tambang Bukit Asam (PTBA) 28%.

Untuk itu, Gema merekomendasikan positif saham-saham tersebut. Sebab, ke depannya pun berpeluang akan memberikan return yang sama besarnya. “Untuk juara satu, BYAN strategi yang terbaik adalah buy dan hold,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (28/2).

Sedangkan untuk juara 2 (ITMG), menurutnya, strategi yang terbaik adalah trading. Juara 3, BUMI, strategi yang terbaik adalah 50% trading dan 50% buy dan hold. Prosentase strategi itu adalah alokasi dana investor atau trader. “Misalnya, punya uang Rp100 juta, untuk BUMI yang terbaik adalah Rp50 juta di-trading-kan dan Rp50 juta dengan strategi semi-investasi, hold dalam waktu 3 bulan, misalnya,” papar Gema.

Sementara itu, untuk juara 4, ADRO strategi yang terbaik adalah trading. “Sedangkan untuk juara 5, PTBA strategi yang terbaik juga trading,” timpalnya.

Sedangkan untuk saham PT Harum Energy (HRUM), strategi yang terbaik adalah 70% buy dan hold. Sedangkan 30% sisanyanya cocok untuk trading. “Memang, HRUM baru IPO (Initial Public Offering) di awal oktober 2010 sehingga belum termasuk di daftar juara saham batu bara tadi,” imbuhnya.

Namun, jika kita melihat dari Oktober 2010 hingga hari ini, HRUM dan BYAN menempati posisi teratas. “HRUM berada pada posisi juara 2,” ungkapnya.

Asal tahu saja, kenaikan saham HRUM mencapai Rp2.800 (51,3%) dari level Rp5.450 pada 6 Oktober menjadi Rp8.250 per saham akhir Februari 2011. [jin]

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: cara maenin the bakries (2) : 280211 « Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: