minyaaa($?)aak … 230211


Harga Minyak Dunia Sulit Diprediksi
Selasa, 22 Februari 2011 – 19:37 wib
Martin Bagya Kertiyasa – Okezone

JAKARTA – Adanya konflik yang sedang terjadi di negara-negara Teluk, seperti Mesir dan Libya, membuat para pakar perminyakan sulit memprediksi fluktuasi harga minyak ke depan.

Demikian diungkapkan Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Kemenkeu Askolani. Dari pengalaman selama ini, Askolani menjelaskan fluktuasi harga minyak dunia sangat sensitif dipengaruhi oleh kondisi geopolitik (seperti perang) di negara-negara di dunia.

Terkadang faktor itulah yang menurutnya lebih mendominasi dari masalah suplai-demand di pasar dunia. “Oleh dominannya pengaruh faktor nonekonomi tersebut, para pakar perminyakan sangat sulit memprediksi fluktuasi harga minyak ke depan,” ungkap Askolani lewat pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (22/2/2011).

Oleh karena itu, dia menjelaskan sangat sulit meramal fluktuasi harga minyak jangka pendek dengan gejolak konflik atau isue perang yang terjadi. “Karena gejolak konflik politik atau isu perang bisa tiba-tiba muncul dan bisa tiba-tiba mereda. Itulah sulitnya meramal fluktuasi harga minyak jangka pendek,” tambahnya.

Askolani menjelaskan akan lebih mudah untuk memprediksi tren minyak per tahun karena meningkatnya permintaan dunia. “Lebih mudah memprediksi jangka menengah bahwa tren minyak per tahun akan cenderung meningkat karena terus meningkatnya permintaan dunia,” tutupnya.(ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: