adro DICERMATI, tukh … 170211


Cermati Saham dengan Kinerja Positif

Oleh: Asteria
Pasar Modal – Kamis, 17 Februari 2011 | 06:44 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Indonesia pada Kamis (17/2) diperkirakan akan bergerak variatif. Namun, investor bisa mencermati saham dengan kinerja yang diekspektasikan positif.

Isfan Helmi, analis Waterfront Securities memperkirakan, IHSG hari ini masih akan bergerak dengan range yang sempit dan volume yang tipis. “Untuk jangka pendek , IHSG diperkirakan bergerak dengan kecenderungan mixed di support level 3375 dan resistancelevel 3430,”katanya kepada INILAH.COM.

Menurut Isfhan, sepinya market dipicu tersedotnya likuiditas ke right-nya Bank Mandiri (BMRI) akhir Februari ini. Saat itulah investor yang kebanyakan investor asing diperkirakan mulai melakukan penjualan dan profit taking. “Sehingga dampaknya likuiditas di market kembali merata, karena investor mulai akan melirik lagi saham-saham lain yang sudah tertekan,” paparnya.

Ia pun meyakini, likuiditas akan kembali normal memasuki Maret. Pasalnya, laporan keuangan emiten tahun buku 2010 biasanya akan dirilis pada bulan ketiga. Hal ini bisa jadi sentimen penguat aksi beli investor.

Di tengah situasi ini, Isfhan menyarankan investor untuk trading jangka menengah, mengantisipasi keluarnya laporan keuangan emiten di Maret. Ia memilih saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) karena harganya yang sudah terdiskon banyak. Sedangkan Kalbe Farma (KLBF) juga disarankan terkait kinerjanya yang positif, “Rekomendasi untuk dua emiten ini,” katanya.

Sementara Yuganur Wijanarko dari HD Capital mengatakan, proses recovery IHSG ke tren positif masih akan berjalan. Hal ini terjadi setelah profit taking IHSG kemarin untuk menyesuaikan ke pergerakan regional yang sempat minus, ketika bursa libur Maulid Nabi.

Sedangkan secara teknikal, Yuga melihat penutupan IHSG di atas down-trend-line 3.430, akan membuka ruang lebih keatas dan merubah arah tren jangka pendek dari turun ke naik, dengan target atas pertama breakout channel di 3.550, “IHSG hari ini akan bergerak di support 3.380-3.310-3.250 dan resistance 3,430-3,530-3,620,” ujarnya.

Beberapa saham jagoan Yuga adalah saham tambang Bumi Resources (BUMI) dan Adaro Energy (ADRO). Serta saham perbankan Bank Central Asia (BBCA) dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI),” Rekomendasi beli untuk emiten-emiten ini, “katanya.

Pada perdagangan Rabu (16/2), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 0,02 poin (0,01%) ke level 3.416,795. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup moderat, dimana volume transaksi mencapai 2,341juta lembar saham, senilai Rp 4,682 triliun dan frekuensi 102.206 kali.

Sebanyak 88 saham naik, 119 saham turun, 90 saham stagnan. Meskipun menguat, asing masih melakukan aksi jual, dengan mencatatkan nilai transaksi jual bersih (net foreign sell) sebesar Rp8,464 miliar. Rinciannya adalah transaksi jual sebesar Rp2,034 triliun dan transaksi beli mencapai Rp2,026 triliun. [mdr]

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: breaK0u+ channeL | Jl. MAEN SAHAM (read: Stock Trading St.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: