elsa NGUTANG melulu … 260111


PT Elnusa Tbk (ELSA) merealisasikan fixed rate notes (FRN) senilai USD50 juta guna pendanaan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun 2011 yang sebesar USD100 juta.

Direktur Keuangan Elnusa Santun Nainggolan menuturkan jika penerbitan FRN ini sebenarnya mundur akibat tidak berjalannya (delay) sejumlah proyek perseroan. Perseroan teah menandatangani perjanjian untuk menerbitkan Fixed Rate Notes (FRN) dengan suku bunga 8,98 persen berjangka waktu lima tahun. Perseroan telah menunjuk Oversea-Chinese Banking Corporation Limited dan PT Northcliff Indonesia selaku Joint Lead Managers, sedangkan Bank Of New York Mellon ditunjuk untuk bertindak sebagai Fiscal Agent.

Dana hasil penerbitan FRN yang dilakukan di Singapura ini nantinya oleh perseroan akan digunakan untuk dua macam pembiayaan, yaitu 90 persen atau senilai USD45 juta akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka menambah kapasitas operasional. Sedangkan sisanya senilai USD5 juta akan digunakan Perseroan untuk memperkuat modal kerja.

Perseroan melihat peluang mengikuti langkah kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan produksi minyak domestik dimana target produksi minyak naik hingga 965 ribu bopd untuk tahun 2011.

http://economy.okezone.com/read/2011/01/24/278/417075/proyek-delay-elnusa-baru-terbitkan-notes-usd50-juta-sekarang

Sumber : OKEZONE.COM
Elnusa Terbitkan FRN US$ 50 Juta
Selasa, 25 Januari 2011 | 10:27
Harga SUN pekan ini diprediksi mendatar (flat). Penurunan harga SUN tersebut dinilai merupakan akibat dari pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG). Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELSA) menerbitkan surat utang berbunga tetap (fixed rate notes/FRN) senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 450 miliar. Surat utang itu bertenor lima tahun dengan bunga 8,98%. Elnusa akan menggunakan dana hasil emisi surat utang untuk mendanai belanja modal (capital expenditure/capex) dan modal kerja tahun ini.

“Sebanyak US$ 45 juta untuk capex, sisanya US$ 5 juta dipakai untuk memperkuat modal kerja,” kata Sekretaris Perusahaan Elnusa Heru Samodra dalam siaran pers di Jakarta, Senin (24/1).

Perusahaan penyedia jasa hulu migas itu telah menunjuk Oversea-Chinese Banking Corporation Ltd (OCBC) dan Northcliff Indonesia sebagai joint lead managers. Sedangkan Bank Of New York Mellon ditunjuk sebagai fiscal agent.

Rencana penerbitan surat utang tersebut sudah bergulir sejak tahun lalu. Namun, karena ada beberapa proyek yang tertunda, rencana tersebut baru bisa terealisasi awal tahun ini. “Penerbitan FRN merupakan sebuah langkah strategis guna memperkuat lini bisnis perusahaan dari aspek teknis maupun keuangan,” jelas Heru.

Dia menambahkan, rencana pemerintah menaikkan target produksi minyak nasional menjadi 965 ribu barel per hari (BOPD) merupakan salah satu peluang bagi Elnusa untuk meningkatkan pendapatan pada 2011.

Tahun ini, Elnusa menargetkan pendapatan sebesar Rp 5,5 triliun. Perseroan berencana menambah kapasitas alat dan kompetensi operasi jasa hulu migas seperti peralatan seismik, drilling, well services, dan peralatan pendukung lainnya.

“Anggaran untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi itu masuk dalam belanja modal, yang dibiayai dari hasil penerbitan FRN,” kata Heru.

Sementara itu, Direktur Keuangan Elnusa Santun Nainggolan menjelaskan, penerbitan FRN juga memberikan kepastian arus kas operasional perusahaan menjadi relatif stabil. Penerbitan FRN menjaminkan peralatan produksi.

“Hal ini memberikan kemudahan dan kecukupan kas bagi kegiatan usaha perseroan yang lebih baik,” kata Santun.

Belum lama ini, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat A dengan prospek stabil kepada Elnusa. Hal tersebut, menurut Santun, menunjukan kuatnya keberadaan Elnusa di bidang usaha jasa migas dengan segmen usaha yang beragam serta likuiditas yang kuat. (c11)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: