brau menego harga batubara pln … 200111


Berau Coal Tetap Pasok Batu Bara Ke PLN
KAMIS, 20 JANUARI 2011 | 17:47 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta -PT Berau Coal menyatakan tetap memasok batu bara untuk PLN walaupun belum ada kesepakatan harga antara kedua belah pihak. “Harga jual kan soal negosiasi saja nanti, kalau pasokan kita terus kasih jadi tidak akan kekurangan pasokan PLN,” ujar Asisten Direksi Berau Coal Singgih Widagdo, Kamis (20/01).

Sebagai salah satu Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang ditunjuk, sudah merupakan kewajiban bagi Berau tetap memasok batu bara sesuai dengan komitmen yang disepakati dengan PLN. Itu diperkuat dengan kewajiban dari pemerintah untuk mengutamakan produksi batu bara bagi kepentingan domestik (DMO). “Kalau dari Berau sendiri memang menyisihkan 30 persen produksinya untuk memenuhi kewajiban domestic market obligation (DMO), itu prioritas kami,” katanya.

Singgih menjelaskan, Berau berkomitmen memasok sekitar 5 juta ton batubara untuk pembangkit milik perusahaan setrum negara. Batu bara dengan jenis kisaran 5000 kkal milik Berau, rencananya akan dialokasikan untuk pembangkit di Paiton, Sularaya, Cilacap, Tanjung Jati, dan Jawa Power.

PLN sebelumnya mengeluh kepada pemerintah terkait tingginya harga batu bara yang ditawarkan oleh pemasok. Rata-rata harganya lebih mahal 20 persen dari harga acuan yang ditetapkan. Padahal tahun ini, perusahaan setrum tersebut membutuhkan sekitar 50 juta ton batubara untuk mengoperasikan pembangkit mereka.

GUSTIDHA BUDIARTIE

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: