elsa meningkatkan proses eksploitasi … 190111


Well Testing Barge ELSA 6 Resmi Beroperasi

Oleh: Charles MS
Pasar Modal – Rabu, 19 Januari 2011 | 17:52 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELSA) meresmikan pengoperasian Well Testing Barge ELSA 6 di Jetty KPP Handil Base, Total E&P Indonesie, Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan manajemen ELSA dalam keterbukaannya ke BEI, Rabu (19/1). Disebutkan, barge ini akan bekerja untuk Total E&P Indonesie selama 3 tahun di Lapangan Tunu Tambora untuk pekerjaan Well Testing yang merupakan layanan dari Divisi Oilfield Services (OFS) PT Elnusa Tbk.

Well Testing Barge ELSA 6 atau biasa juga disebut platform tanpa kaki adalah sebuah kapal yang tidak bermesin. Alat ini biasa digunakan untuk pengerjaan pada sumur migas yang berada di sungai atau dalam keadaan terapung. Sebagaimana layaknya sebuah kapal, Testing Barge mempunyai kabin, penempat generator set dan kompresor udara.

Di atas dek, terdapat mud pump, mud separator, gas flare dan supporting boom serta alat-alat lain yang mendukung pekerjaan pengetesan sumur minyak dan gas. “Inovasi baru pada ELSA 6 ini adalah kelengkapan untuk peningkatan keselamatan (safety) dan kualitas operasi,” ujar Direktur Operasi PT Elnusa Tbk, Suryadi Oemar.

Selama masa pembangunan, ELSA 6 mencatat safety yang baik, tidak
terjadi kecelakaan yang menyebabkan lost time. “Hal ini sesuai dengan target standar safety Elnusa yang tinggi, serta mengikuti standar safety industri migas internasional,” lanjut Suryadi. “Barge ini berbendera merah putih, sehingga memenuhi asas cabotage. ELSA 6 sepenuhnya dibangun oleh putra bangsa Indonesia dengan local content sangat tinggi, di atas 50 persen,” ujar Division Head of Corporate Secretary PT Elnusa Tbk, Heru Samodra.

Bagi Elnusa, ELSA 6 adalah well testing barge ketiga yang bekerja
di Total E&P Indonesie. Dengan dimulainya pengoperasian barge ini, maka sampai Januari 2011, total nilai kontrak yang dapat dibukukan di tahun 2011 dari Divisi OFS menjadi sekitar USD 23 juta. “Hal ini akan menjadi bagian untuk pencapaian target revenue OFS yang sekitar USD 55 juta di tahun ini,” jelas Heru.

Menurut Division Head of Oilfield Services PT Elnusa Tbk, Eddie Rukminto, ELSA 6 memenuhi jadwal operasi lebih cepat dari standar waktu yang ditentukan. “Delivery kami lebih cepat 2 minggu, hal ini dapat terlaksana dengan dukungan dari Total EP Indonesie dan kerja sama tim project sejak perencanaan dan masa pembangunan,” papar Eddie.

Apresiasi khusus disampaikan Hendi Wismayandi, Well Services Area Manager for Offshore Total E&P Indonesie yang mewakili manajemen perusahaan supermajor dunia ini. “Delivery dari Elnusa selalu tepat waktu, bahkan untuk ELSA 6 ini, lebih tepat,” tukas Hendi.

Elnusa telah dipercaya oleh Total E&P Indonesie selama 25 tahun sebagai service company yang melayani pekerjaan-pekerjaan Total di lapangan Kalimantan Timur. Dengan berbekal kualitas kerja yang telah mendapat pengakuan profesional, Elnusa akan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pekerjaan untuk menjadi mitra yang terus dipercaya.

Pada akhir 2010, Total memberikan apresiasi untuk Elnusa dalam pelaksanaan kerja di lapangan dengan tingkat keselamatan yang baik, masing-masing 1000 hari tanpa Kecelakaan untuk ELSA 1 Slickline Boat – Operasi Pemeliharaan Sumur sejak 20 Januari 2006 1000 hari tanpa Kecelakaan untuk ELSA 2 Snubbing Barge – Operasi Pemeliharaan Sumur sejak 12 Oktober 2007 3000 hari tanpa Kecelakaan untuk Rig # 16 Snubbing Unit – Operasi Pemeliharaan Sumur sejak 8 Desember 2000.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: