minyaaa($91)aak … 241210


Cuaca Ekstrem Dorong Minyak Menuju USD92/Barel
Jum’at, 24 Desember 2010 – 16:34 wib
Andina Meryani – Okezone

SINGAPURA – Harga minyak dunia kembali mencetak rekor tertingginya dengan hampir menembus level USD92 per barel. Faktor musim dingin yang ekstrem telah memicu peningkatan permintaan. Sementara itu pasokan justru terkendala akibat konflik yang dipicu Korea Selatan dan Korea Utara.

Perdagangan New York Merchantile Exchange (Nymex) hari ini memang tidak diperdagangkan karena jelang libur Natal. Namun, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (24/12/2010), harga minyak mentah dunia kemarin ditutup di angka USD91,63 per barel untuk pengiriman bulan Februari. Angka tersebut adalah yang tertinggi dalam 26 bulan terakhir.

Sementara itu, untuk minyak jenis Brent di pasar ICE Futures London harganya juga semakin melambung hingga USD94,57 per barel di mana sebelumnya menembus USD94,74 per barel yang merupakan angka tertinggi sejak 2008 lalu.

Permintaan minyak mentah diperkirakan akan terus meningkat beberapa pekan ke depan karena salju dan suhu yang lebih dingin masih terus mengancam Eropa.

“Secara mengejutkan permintaan minyak terus dan meningkat karena faktor cuaca dingin yang membuat harga minyak lebih seimbang. Bahkan harga minyak Brent diperkirakan akan menembus level USD100 per barel,” ungkap laporan Barclays Capital. (adn)(rhs)

Minyak di Perdagangan Asia Mendekati US$91/Barel
Headline

Oleh: Wahid Ma’ruf
Ekonomi – Kamis, 23 Desember 2010 | 16:02 WIB

INILAH.COM, Singapura – Harga minyak mentah di perdagangan Asia kamis (23/12) mendekati US$91 per barel. Hal ini dipicu kenaikan bursa Wall Street yang rally sehingga optimis permintaan minyak akan naik.

Untuk benchmark minyak pengiriman Februari 2011 naik 11 sen menjadi US$90,79 dari US$90,59 per barel pada perdagangan kemarin. Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak Oktober 2008. Sedangkan harga di New York Mercantile Exchange naik 66 senn menjadi US$90,48 per barel.

“Harga minyak mentah sangat terkait erat dengan pasar saham dan kepercayaan terhadap pemulihan ekonomi global. Ketika pasar saham naik berarti kepercayaan investor dan konsumsi akan naik,” kata Sander Capital Advisors dalam laporannya seperti dikutip dari finance.yahoo.com.

Minyak mentah didukung pasokan minyak mentah AS yang turun sehingga mengisyarakatkan kenaikan permintaan. Data dari Departemen Energi AS menyatakan pasokan minyak mentah AS turun 5,3 juta barel pada minggu lalu. Padahal sebelumnnya sudah menyatakan pasokan minyak turun 9,9 juta barel yang sebagai penurunan terbesar dalam 8 tahun.

Pada perdagangan Nymex lainnya untuk kontak Januari, minyak naik 0,6% menjadi US$2.53 per galon, futures bensin stabil di level US$2,42 perr galon dan gas alam turun 5,8sen menjadi US$4.09 per 1.000 kaki kubik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: